News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

11 Ribu Hektare Lahan Kritis Bekas Tambang Tersebar di Kabupaten Bangka

Penulis: Deddy Marjaya
Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Kombes Tantan Sulistyana menam pohon bibit jambu cincalok bersama Bupati Bangka Tarmizi di lahan bekas tambang timah di Desa Pemali, Kamis (13/7/2017). BANGKA POS/DEDDY MARJAYA

Laporan Wartawan Bangka Pos, Deddy Marjaya

TRIBUNNEWS.COM, BANGKA - Bupati Bangka Tarmidzi bersama Wakil Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Kombes Tantan Sulistyana menanam pohon buah dan melepas benih ikan nila di lahan bekas tambang timah di Desa Pemali, Kamis (13/7/2017).

Lahan kritis sekitar 5 hektare ditanami berbagai jenis pohon buah melalui program Go Green Bhabinkamtibmas yang digagas Polda Kepulauan Bangka Belitung bekerjasama dengan pihak peleburan bijih timah (smelter).

Ditemui di sela kegiatan Tarmidzi mengatakan di Kabupaten Bangka ada sekitar 11.000 lahan eks tambang timah yang berubah menjadi lahan kritis.

Pemkab Bangka sangat mendukung sekali program penghijauan yang dilaksanakan Polda Kepulauan Bangka Belitung dan mengucapkan terimakasih.

"Sekitar 11.000 hektare lahan kritis bekas tambang timah dan Pemkab Bangka akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk mendukung penuh yang dilaksanakan oleh Polda Kepulauan Bangka Belitung," kata Tarmidzi.

Kombes Tantan Sulistyana mengatakan sudah ada 5 titik di Pulau Bangka dan Pulau Belitung ditanam pohon buah yang memiliki nilai ekonomis bagi masyarakat.

Rencananya tahap pertama program Go Green Bhabinkamtibmas akan menanam pohon buah di atas 440 hektare lahan eks tambang timah dengan melibatkan pihak smelter.

Program ini akan terus berjalan sehingga lahan-lahan eks tambang timah di Bangka Belitung bisa kembali produktif dan dimanfaatkan oleh masyarat.

Bhabinkamtibmas desa setempat akan bekerjasama dengan kelompok tani mengelola kawasan yang masuk dalam program Go Grenn Bhabinkambtimas.

"Tahap pertama ini akan berlanjut untuk tahap berikutnya. Salah satu lahan yang kita tanam malah saat ini sudah dipanen," kata Tantan Sulistyana.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini