News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hasil Tangkapan Nelayan di Gunung Kidul Melimpah

Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, GUNUNGKIDUL - Nelayan di Pantai Selatan, Kabupaten Gunung Kidul, tepatnya di Pantai Baron, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, kebanjiran berkah.

Mereka mendapatkan panen ikan yang melimpah hingga 50 kilogram per kapal dalam sehari.

Seorang nelayan di Pantai Baron, Kemadang, Tanjungsari, Gunung Kidul, Sumadi mengatakan, sudah sejak dua pekan ini, hasil tangkapan ikan melimpah.

Rata-rata setiap berlayar, dirinya bisa mendapatkan ikan lebih dari 50 kilogram, mulai dari ikan Lisong, Layur, Tongkol, udang, gurita dan hewan laut lainnya.

"Sudah dua minggu ini kami mendapatkan hasil tangkapan yang melimpah, dibandingkan pada pekan-pekan sebelumnya. Rata-rata bisa mendapat 50 kilogram, bahkan ada yang bisa mencapai 100 kilogram," ujar Sumadi, Rabu (20/9).

Sumadi mengatakan, waktu-waktu ini memang banyak ikan yang bermunculan di permukaan laut. Hal ini akibat arus dingin yang ada di bawah laut, menyebabkan ikan berenang ke arus atas.

"Jenis ikan yang melimpah ini ikan layur," ujarnya.

Penangkapan ikan berlangsung dengan mudah, karena jaring nelayan dapat dengan mudah menjangkau kedalaman 50 meter dengan lebar hingga 35 meter di kedalaman aktivitas ikan.

"Mereka (ikan) juga berenang ke tepian, karena memang arus di bawah dingin saat waktu-waktu ini, sehingga dapat mudah ditangkap," ujar Sumadi.

Sumadi mengatakan, panen raya ikan ini diperkirakan masih akan terjadi hingga akhir bulan Desember 2017 dan awal Januari 2018 mendatang.

"Nelayan pun memanfaatkan kesempatan ini untuk berlayar menjaring ikan," ujarnya.(rfk)

Salah seorang nelayan memilah ikan pada tempat pelelangan ikan di pantai baron, kemadang, tanjungsari, gunungkidul, rabu (20/9/2017).

Simak video di atas.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini