News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Nelayan TPI Jambeyan Pekalongan Pecahkan Rekor Muri dengan Nasi Megono

Penulis: Muh Radlis
Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Nasi Megono


Laporan Wartawan Tribun Jateng, Radlis

TRIBUNJATENG.COM, PEKALONGAN - Kelompok nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jambean, Wonokerto, Kabupaten Pekalongan akan memecahkan rekor muri.

Pemecahan rekor Muri ini akan dilaksanakan saat puncak perayaan sedekah laut pada Rabu (18/10/2017) mendatang.

Para nelayan ini akan menyajikan makanan khas Kabupaten Pekalongan, Nasi Megono dan Blakutak terbanyak dalam satu acara.

Suharjo Nugroho, Managing Director Imogen PR, suporting kegiatan pemecahan rekor muri tersebut mengatakan, pemilihan nasi megono dan blakutak sebagai bahan yang diusung lantaran kedua kuliner itu merupakan makanan tradisional khas dari Kabupaten Pekalongan.

"Kami mengangkat tema itu karena kekhasan dari dua kuliner tersebut. Selain itu, kegiatan ini juga bentuk partisipasi nelayan untuk mempopulerjan kuliner khas daerah dan lauk hasil laut," kata Suharjo, Minggu (15/10/2017).

Suharjo menuturkan, budaya sedekah laut yang dilaksanakan setiap tahun merupakan wujud rasa syukur masyarakat khususnya nelayan akan rejeki yang diberikan oleh sang pencipta.

Menurutnya, sebagai masyarakat agraris, tradiai kuliner menjadi bagian sehari hari masyarakat Kabupaten Pekalongan.

"Nilai kebersamaan masyarakat Kabupaten Pekalongan bisa dilihat dari tradisi kuliner yang bertahan sampai saat ini," katanya.

Meski belum menegaskan berapa jumlah nasi megono dan blakutak yang akan disajikan, namun Suharjo mengaku pada puncak perayaan sedekah laut nanti masyarakat akan disuguhkan dua makanan tradisional itu dalam jumlah yang sangat banyak.

"Yang pasti sudah diperhitungkan untuk memecahkan rekor muri," katanya.


Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini