News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

BNN Jatim Awasi dan Waspadai Peredaran Liquid Vape Mengandung Narkoba

Penulis: Fatkul Alamy
Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Timur memastikan licuid atau cairan untuk rokok elektronik (vape) dengan merek Dvtch Amsterdam yang mengandung narkotika belum beredar di Jatim.

Tapi, BNN Jatim tak muau kecolongan dan terus mengawasi dan mewaspadai licuid tersebut ada di pasaran dan dikonsumsi masyarakat.

Kepala BNNP Jawa Timur, Brigjen Pol Fatkhur Rahman mengatakan, bagian intelejen terus bersikap awas dan turun ke lapangan mengawasi semua jenis peredaran narkoba yang ada di Jatim. Mulai Januari hingga September 2017 ini, BNNP Jatim belum menemui adanya licuid atau cairan untuk rokok elektronik dengan merek Dvtch Amsterdam ada di Jatim.

"Mudah-mudahan di Jatim tak ada. Biarkan kalau ada di luar, yang penting tidak ada di Jatim," sebut Fatkhur kepada Surya, Rabu (1/11/2017).

Kendati belum ditemukan, Fatkhur meminta supaya masyarakat tidak tertipu dan mengonsumsi narkoba jenis licuid untuk rokok elektronik.

BNNP Jatim terus melakukan sosialisasi dan kerja sama dengan lembaga lain guna pencegahan.

Seperti, BNNP Jatim mengendeng Dinas Pendidikan Provinsi, Kota dan Kabupaten di Jatim. Tujuannya, supaya peredaran narkoba (termasuk licuid) yang dikatakan mengandung narkotika tidak dikonsumsi masyarakat.

"Kami juga melakukan pantauan di lapangan, jika ada sudah tentu dilakukan tindakan," terang Fatkhur.

Orang nomor satu di PNNP Jatim mengakui, sempat ada kabar dan temuan anak yang mengonsumsi vape yang diduga mengendung narkoba di Trenggalek pada awal September 2017.

Setelah diperiksa dan orangtua si anak dipangil petugas, ternyata tidak ada kandungan narkotikanya.

"Penggunanya masih anak-anak dan sekolah yang pakai vape milik kakaknya. Vape itu dipakai ramai-ramai di sekolah dan sempat viral di medsos karena diduga menghisap narkoba, ternyata tidak terbukti," cetus Fatkhur.

Temuuan licuid mengandung narkoba ramai diberitakan di Jakarta. Polisi mengamankan puluhan liquid yang didatangkan dari Belanda dengan merek Liquid Dvtch Amsterdam itu mengandung narkoba jenis canabinoid. fat

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini