News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kota Padangsidimpuan Diguncang Gempa 3,2 Skala Richter

Penulis: Array Anarcho
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI

Laporan Wartawan Tribun Medan, Array A Argus

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara diguncang gempa.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan, gempa terjadi pukul 07.38 WIB tadi.

"Dari pengamatan, kekuatan gempa 3,2 skala richter. Pusat gempa berada di koordinat episenter pada 1,49 Lintang Utara dan 99,25 Bujur Timur," kata Kepala Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Kamis (7/12/2017).

Titik gempa, kata Syahnan, berada di darat pada jarak 10 kilometer arah Barat Daya Kabupaten Tapanuli Selatan. Kedalam gempa berada di 10 kilometer.

Baca: Tentara Korut Diduga Curi 50 Barang di Pulau Matsumaekojima Jepang

"Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan atau shakemap BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini belum ada dilaporkan menimbulkan kerusakan," ungkap Syahnan.

Ia menjelaskan, gempa bumi yang terjadi termasuk gempa bumi dangkal.

Berdasarkan karakteristik sinyal gempa bumi menunjukkan jenis gempa bumi tektonik yang diduga diakibatkan aktivitas sesar Sumatera pada segmen Angkola.

"Kami imbau kepada masyarakat yang tinggal di Kota Padangsidimpuan untuk tetap tenang dan jangan percaya dengan isu-isu menyesatkan. Sebaiknya tunggu informasi dan arahan dari BPBD dan pemerintah setempat," kata dia. (Ray/tribun-medan.com)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini