News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bencana Longsor

Ketika Doa Tahlil Tutup Misi Pencarian Korban Longsor Brebes

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tim SAR gabungan menutup operasi pencarian terhadap korban longsor di Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem, Brebes, Rabu (28/2/2018).

TRIBUNNEWS.COM, BREBES - Tim SAR gabungan menutup operasi pencarian terhadap korban longsor di Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem, Brebes, Rabu (28/2/2018).

Pencarian korban hilang akibat lonsor itu telah dilakukan tim SAR yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, BNPB, Basarnas, dan sejumlah relawan yang dibantu warga selama sepekan dari 22 hingga 28 Februari 2018.

"Saat ini masih ada enam korban hilang yang belum ditemukan atau diketahui keberadaannya," kata Kepala BPBD Brebes, Eko Andalas.

Enam korban tersebut yaitu tiga warga Desa Pasirpanjang antara lain Sujono (57), Haryanto, Suwirso (55); warga Desa Ciputih Marsui (64); warga Desa Salem Wastim Wahyu (48); dan warga Desa Bentar, Rustam Rusyadi.

Baca: Penyebar Ujaran Kebencian dan Hoax di Sidoarjo Pernah Berprofesi sebagai Guru

Menurutnya, keluarga atau ahli waris korban sudah sepakat atau menyetujui keputusan dihentikannya pencarian korban sesuai aturan yang hanya sepekan.

"Kami beserta tim gabungan penanganan darurat bencana longsor sudah bertemu dengan keluarga korban terkait keputusan berakhirnya masa tanggap darurat selama tujuh hari," jelasnya.

Sementara, Komandan Satgas Penanganan Darurat Bencana Longsor Brebes, Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono, menuturkan, sebelumnya ada tujuh korban longsor yang belum diketahui.

"Namun, sudah ada potongan tubuh yang sudah teridentifikasi oleh tim dari DVI Polda Jateng dan Dokkes Polres Brebes," kata Komandan Kodim 0713/Brebes itu.

Potongan tubuh yang berhasil teridentifikasi itu atas nama Darsip (55) warga Desa Pasirpanjang, Kecamatan Salem, Brebes.

Sebelum pencarian ditutup, tim gabungan, warga, beserta keluarga korban memanjatkan doa tahlil bersama di lokasi longsor atau di Sektor II pencarian.

Tahlil dipimpin kiai setempat.

"Semoga korban diterima di sisiNya," ucap sang kiai.

Pencarian hari terakhir korban ditutup pukul 12.00 WIB.

Komandan SAR Sektor II, Rindang Krisnafian, mengatakan, pada hari terakhir, tim SAR tetap berupaya melakukan pencarian.

"Kami menyisir dari hulu ke hilir titik terakhir pencarian korban longsor. Semua daya dan upaya telah dikerahkan untuk pencarian," terangnya.

Penulis: Mamdukh Adi Priyanto

Berita ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul: Doa Tahlil di Pasirpanjang Tandai Berakhirnya Pencarian Korban Longsor Brebes

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini