News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

20 Peserta Lolos ke Audisi Final Pemuda Inspiratif di Singkawang

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kegiatan pendukung (supporting event) berupa kompetisi band di gelaran Pemuda Inspiratif yang dipusatkan di Mess Daerah, Singkawang, Kalimantan Barat, Sabtu (6/10/2018).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdillah

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sepuluh putra dan sepuluh putri peserta terpilih menjadi yang terbaik dalam audisi Pemuda Kreatif yang dipusatkan di Singkawang, Kalimantan Barat,  Sabtu (6/10/2018).

Sebanyak 20 pemuda ini akan menjalani audisi final pemuda Inspiratif yang akan digelar Minggu (7/10/2018).

Dari sepuluh besar ini akan hanya ada satu putra dan satu putri terbaik yang akan melenggang di gelaran Pemuda Inspriratif tingkat nasional di provinsi Banten. 

Audisi itu berjalan sesuai jadwal. Peserta menyambut antusias. Mulai calon pemuda-pemudi calon bangsa menanti audiensi oleh juri serta semangatnya peserta group dance dan band.

Sebanyak 102 pemuda pemudi terbaik seantero Singkawang, Bengkayang, Sambas berkumpul di tenda yang disiapkan panitia penyelenggara.

Mereka sudah memadati kawasan itu sejak pukul 07.00 WIB dan memulai audisi pukul 09.00 WIB. 

Dengan membawa bahan presentasi, mereka sudah siap untuk di tes oleh para juri dan digali gagasannya sesuai bidang pilihannya.

Ada tiga dewan juri yang melakukan penggalian gagasan. Mereka adalah Drs Sugianto MA (akademisi kota Singkawang), Johari Pion (ASN Bagian Kesra Setda Singkawang) dan Evan Ernanda (Diskominfo Singkawang).

Dalam audisi pemuda Inspiratif ini. Seluruh peserta dibagi sesuai jumlah juri yang ada. Mereka antre dan maju satu satu per satu memaparkan gagasan mereka ke dewan juri.

Setiap peserta diberi waktu delapan menit. Mulai dari pemaparan ide dan penggalian gagasan oleh dewan juri.

Tak ada kecanggungan. setelah Sembilan jam audisi berjalan, akhirnya dewan juri  mengumpulkan hasil presentasi.

Bersamaan dengan audisi peserta, supporting event pun berjalan, dimulai dengan dance competition.

Sebanyak delapan grup yang berisi 6-7 orang per grup, ikut berpartisipiasi dalam gelarang supporting event.

Mulai dari sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas, dan komunitas beramai ramai mengikuti dance competition.

Dari delapan grup yang tampil, akan dipilih lima grup terbaik yang akan dipertandingkan hari ini. Selain dance competition, kompetisi band juga dilaksanakan pada siang hari.

Dengan 13 grup yang akan tampil, mereka saling unjuk gigi untuk mendapatkan lima tiket terbaik yang akan dipertandingan juga hari ini.

Angga Hardianto, salah satu dari 10 putra terbaik menyampaikan bahwa, acara Pemuda Inspiratif merupakan acara yang sangat baik, selain menjadi wadah bagi para pemuda-pemudi, acara ini juga patut diapresiasi dikarenakan panitia yang bertugas untuk menyiapkan event juga dari kalangan muda.

Dengan inovasi berjudul Kampoenk UMKM Angga, berusaha untuk memberdayakan UMKM lokal untuk mampu bersaing dengan produk-produk lokal lain bahkan dengan produk asing.

Mulai dari pelatihan pembuatan karya, proses pengemasan dengan baik, branding, bahkan sampai pemasaran. Semua hal itu berusaha disosialisasikan ke UMKM  di dareah SIngkawang sehingga UMKM di daerah Singkawang mampu berkembangdan menjadi poros ekonomi warga lokal Singkawang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini