News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Longsor di Sukabumi

Pemda Harus Siapkan Lahan Relokasi Warga Terdampak Longsor di Dusun Cimapag Cisolok

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Longsor yang terjadi di Kampung Garehong, Cisolok, Sukabumi. TRIBUN JABAR/FERRI AMIRIL MUKMININ

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNNEWS.COM, SUKABUMI - Ancaman bencana longsor mengintai Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Willem Rampangilei mengatakan, pemerintah harus menyiapkan lahan relokasi untuk warga terdampak bencana longsor di Kampung Garehong, Dusun Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Menurutnya, ancaman longsor masih ada setelah melihat kontur tanah di lokasi bencana.

Ia mengatakan, tak mungkin 100 warga yang mengungsi saat ini menempati kembali lokasi longsor.

"Harus dilakukan relokasi. Pemda harus menyediakan lahan melihat kondisi tak mungkin lagi untuk ditinggali," ujar Willem Rampangilei saat mengunjungi lokasi longsor, Rabu (2/1/2019).

Willem mengatakan, ia bekerja sama dengan BMKG akan memasang alat peringatan dini di lokasi yang rawan terdampak bencana.

Setelah melakukan evaluasi dan melihat area longsoran, Willem Rampangilei mengatakan harus ada enam alat berat yang berupaya mencari korban.

Lokasi longsor di Cisolok, Kabupaten Sukabumi. (TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy)

Saat ini hanya terdapat dua alat berat di lokasi pencarian.

"Kami sedang mengupayakan penambahan dua alat berat, semoga bisa membantu dengan cepat upaya pencarian korban," ujar Willem Rampangilei.

Willem menambahkan, untuk penanganan pengungsi ada 100 warga yang saat ini mengungsi, tapi tak perlu mendirikan tenda karena para pengungsi tinggal di rumah saudara mereka.

Medan berlumpur dan cuaca hujan menyulitkan petugas SAR bersama TNI dan warga dalam upaya pencarian korban tanah longsor di Kampung Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi pada hari Selasa (1/1/2019). (BNPB)

"Untuk keperluan logistik ada satu dapur untuk melayani tiga ribu orang, kami menerima laporan kekurangan bahan makanan penambah, kami kirim makanan siap saji, lalu logistik lainnya seperti peralatan dan perlunya sarung tangan lateks dan masker kami upayakan," kata Willem.

Artikel ini telah tayang di Tribunjabar.id dengan judul Ancaman Longsor Terus Mengintai, Warga Harus Direlokasi dari Kampung Garehong Cisolok

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini