News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Banyak Salah Hitung dan Catat Saat Rekap Suara Pemilu di Aceh Jaya

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rapat pleno PPK Susoh, Abdya untuk rekap suara Pilpres dan Pileg 2019 di bawah teratak yang dipasang di halaman Kantor Camat setempat memasuki hari kedua, Minggu (21/4/2019)

Laporan Wartawan Serambi Indonesia, Riski Bintang

TRIBUNNEWS.COM, ACEH - Rekapitulasi perolehan suara Pilpres dan Pileg 2019 oleh panitia pemungutan suara (PPS) di Kabupaten Aceh Jaya banyak salah hitung dan catat.

Kesalahan hitung dan catat hasil rekapitulasi perolehan suara tersebut terjadi hampir di seluruh kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya.

Adanya kesalahan rekapitulasi hasil perolehan suara tersebut juga dibenarkan Ketua Panwaslih Aceh Jaya Kamaruzzaman.

Namun ia mengatakan hal tersebut bukanlah kesalahan rekapitulasi melainkan kesalahan penulisan jumlah perolehan suara dan juga penulisan jumlah Daftar Pemilih Tetatp (DPT) di desa setempat.

“Itu terjadi hampir di semua kecamatan, tapi bukan kesalahan cuma salah tulis jumlah, misalnyakan suara jumlahnya 180 tapi tertulis 181, yang DPT juga demikian, itu mungkin karena faktor kelelahan yang dirasakan PPS,” jelasnya.

Kesalahan penulisan jumlah perolehan suara dan jumlah DPT terjadi bervariasi baik di pemilihan Capres, DPD, DPR RI, DPRA dan DPRK.

Baca: 52 Kg Ganja dalam Keranjang Jeruk Tergeletak di Pinggir Jalan Medan-Banda Aceh, Pemiliknya Kabur

Ketua KIP Aceh Jaya Izwar mengatakan, kesalahan tersebut masih bisa di perbaiki sama-sama di tingkat PPK.

“Itu masih bisa disinkronkan lagi oleh PPK di tingkat kecamatan dimana ada kekeliruan dalam perhitungan ataupun penjumlahan,” ungkapnya.

"Itu bukan PPK yang memperbaiki ya, namun diperbaiki sama-sama pada rapat pleno terbuka di tingkat PPK bersama PPS dan para saksi, namun jika ada rekomendasi dari Panwas untuk hitung ulang, ya kita akan hitung ulang," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini