News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Operasi Tangkap Tangan KPK

Megahnya Rumah Wahyu Setiawan di Banjarnegara

Editor: Rachmat Hidayat
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rumah mantan komisioner KPU Wahyu Setiawan di Banjarnegara, Jawa Tengah.

Laporan Wartawan Tribun Jateng Khourul Muzakki
TRIBUNNEWS.COM, BANJARNEGARA-Memasuki gerbang Graha Permai di Kelurahan Kalibenda Banjarnegara, Jawa Tengah, tampak komplek perumahan itu lengang. Keriuhan pusat perbelanjaan Depo Pelita Mas di akhir pekan bahkan tak memecah keheningan di dalamnya.

Hanya satu dua pengendara yang terlihat hilir mudik keluar masuk perumahan. Juga aktivitas beberapa staf di kantor pemasaran bagian depan perumahan.

Baca: Saan Mustofa Sebut Kasus Dugaan Suap Wahyu Setiawan Dapat Gerus Legitimasi KPU

Selebihnya, deretan puluhan rumah mewah yang belum banyak dihuni orang. Sebuah rumah di antaranya terlihat agak berbeda dengan lainnya. Bangunan rumah itu berarsitektur Jawa dengan nuansa tradisional yang kental.

Sentuhan klasik tak menghilangkan kesan mewah bangunan itu. Di sisi rumah utama, ada bangunan joglo dengan ruangan terbuka atau tak bersekat layaknya pendopo.

Baca: Beresi Kasus Suap Wahyu, KPK Harus Bernyali Periksa Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Rumah ini dibeli Wahyu Setiawan, anggota KPU RI yang terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK sekitar setahun lalu. Pagar rumah tertutup. Tidak terlihat penghuni beraktivitas di rumah.

Kecuali seorang pemuda yang sibuk membersihkan rumah dan halaman. Ia bukan anggota keluarga, melainkan hanya penjaga yang bekerja untuk Wahyu Setiawan.

Baca: Oknum yang Halangi Tim KPK Bisa Dikenai Obstruction Of Justice

Pemuda itu lah yang sehari-hari tinggal di rumah mewah Wahyu sekaligus menjaganya. Sementara sang pemilik, Wahyu Setiawan dan keluarganya, tinggal jauh di Jakarta. Ia pun tak bisa berkomentar banyak soal kehidupan majikannya. Ia mengaku hanya dipasrahi untuk menjaga rumah itu karena yang punya berada di Jakarta.

Meski belum ditempati secara permanen oleh pemiliknya, fasilitas rumah itu cukup lengkap. Dari luar, terlihat rumah itu sudah lengkap dengan perabotan semisal meja kursi di ruang tamu, hingga kasur springbed di ruang tidur.

Karena tak bertemu tuan rumah, Tribun mencoba menemui staf marketing perumahan itu untuk mengetahui spesifikasi rumah yang dibeli Wahyu Setiawan.

Baca: Wahyu Setiawan Tersandung Suap, Mantan Komisioner KPU Angkat Bicara

Feni, Marketing Graha Permai Land memebenarkan rumah coklat tua itu adalah milik Wahyu Setiawan. "Sekitar setahun lalu belinya,"katanya

Wahyu membeli satu unit rumah serta dua kavling di sisi kanan kiri rumah. Oleh pemilik, kavling di sisi kiri rumah utama didirikan bangunan joglo atau pendopo. Adapun kavling di sisi kanan rumah dibangun garasi.

Perumahan tempat rumah Wahyu berada terbilang perumahan elit, bahkan paling mewah di Kabupaten Banjarnegara. Lokasi perumahan itu pun strategis karena berada di dekat jalan nasional, serta berada di belakang pusat perbelanjaan.

Baca: KPK Minta Harun Masiku Serahkan Diri, PDIP Akan Membantu? Ini Jawaban Puan

Ada sekitar 40 an rumah di komplek perumahan Graha Permai Land. Rumah itu pun masih jarang yang ditempati pemiliknya. Karenanya wajar, hari-hari biasa perumahan itu lengang dari aktivitas penduduk. "Yang beli kebanyakan orang Banjarnegara,"katanya

Feni tak mengetahui berapa harga rumah yang dibeli Wahyu Setiawan. Pasalnya, saat Wahyu membeli rumah itu, ia belum menjadi marketing perumahan tersebut.

Baca: Jangan Hanya Andalkan OTT, KPK Harus Lebih Progresif Berantas Korupsi

Ia hanya mengetahui harga rumah untuk pasaran sekarang. Rumah sekelas milik Wahyu dengan luas bangunan 100, di blok A2 sampai A6, dibanderol dengan harga kisaran 1,408 miliar dengan DP 20 persen Rp 272 juta.

Tetapi ini untuk harga sekarang yang mungkin berbeda dengan harga saat Wahyu membeli setahun lalu.Dari laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LKHPN), Wahyu memiliki harta total senilai Rp 2,8 miliar. Beberapa bidang tanah tercatat berada di Banjarnegara dan diakui sebagai warisan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini