News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Cerita Pawang Tangkap Buaya Besar yang Menewaskan Warga Mamuju, 10 Ekor Anak Buaya Ikut Ditangkap

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pawang berhasil menangkap buaya di Sungai Budong-budong, Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat (Sulbar).

TRIBUNNEWS.COM, MAMUJU - Buaya sepanjang 5 meter berhasil ditangkap pawang di Sungai Budong-budong, Kecamatan Topoyo, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat (Sulbar).

Buaya tersebut ditangkap setelah memangsa seorang warga Dusun Kalubibing, Desa Pangalloang, Kecamatan Topoyo beberapa waktu lalu.

Buaya 5 meter itu ditangkap beserta anak-anaknya. Setidaknya pawang bersama warga setempat berhasil menangkap 11 ekor buaya.

"Satu ekor induknya sama kurang lebih 10 ekor anaknya," kata Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), Bahar via telepon, Senin (24/8/2020).

Buaya yang menerkam IRT di Mamuju Tengah diikat menggunakan tali tambang di atas pick up setelah berhasil di tangkap dengan cara dipancing (Istimewa)

Setelah ditangkap, buaya yang memangsa warga beserta 10 ekor anaknya dievakuasi ke depan kantor Bupati Mamuju Tengah di Kecamatan Tobadak.

Buaya-buaya itupun sempat jadi tontonan warga.

Bupati Mateng, Aras Tammauni mengaku buaya tersebut ditangkap atas perintahnya.

Setelah mendengar kabar terkait warganya yang diterkam buaya, ia langsung mengerahkan pawang untuk melakukan penangkapan.

Baca: Pria di Sulawesi Tewas Diterkam Buaya Saat Hendak Buang Air Besar di Sungai

"Selama satu malam proses penangkapan, pawang buaya yang dibantu oleh warga Dusun Patulana dan Dusun Galian Desa Budong-budong, serta warga Dusun Kalubibing, Desa Pangalloang, berhasil menangkap belasan ekor anak buaya beserta satu ekor induknya berukuran hampir lima meter," katanya.

Dengan ditangkap sejumlah predator tersebut, ia berharap keresahan warga bantaran sungai yang sebagian aktivitasnya memanfaatkan sungai tersebut bisa berkurang.

Buaya yang berhasil ditangkap rencananya akan dipindahkan ke penangkaran lain.

Dia juga berharap ke depannya, warga di sekitaran bantaran sungai untuk selalu berhati-hati agar kejadian serupa tak terulang.

"Semoga menjadi pelajaran bagi seluruh warga yang tinggal di bantaran Sungai Budong-budong, agar ke depan lebih berhati-hati saat beraktivitas di dekat sungai," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di tribun-timur.com dengan judul Mangsa Warga, Buaya 5 Meter Beserta 10 Ekor Anaknya Ditangkap Warga di Mamuju Tengah

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini