News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Asap Pekat Muncul dari Cerobong Kilang Milik Pertamina Balongan, Balita Muntah-muntah Dibawa ke RS

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketika warga dibawa menggunakan ambulans untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di Balai Desa Majakerta, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Kamis (10/12/2020) malam.

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNNEWS.COM, INDRAMAYU - Sejumlah warga di Desa Majakerta, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu mengalami mual, batuk, pilek, sesak napas, hingga muntah-muntah yang disebabkan oleh asap hitam pekat yang menyelimuti desa setempat pada Kamis (10/12/2020) sore.

Diketahui asap itu berasal dari cerobong kilang milik PT Pertamina RU VI Balongan.

"Dampak dari kepulan asap kilang RU VI Balongan ini kebetulan ada beberapa warga yang mengalami batuk, pilek, dan merasa sesak napas," ujar Tim Medis PT Pertamina, dr Ardiansyah kepada Tribuncirebon.com.

PT Pertamina menyiagakan satu unit ambulans untuk melakukan pengobatan warga di Balai Desa setempat.

Satu per satu warga diperiksa kesehatannya. Mereka yang mengalami gejala juga langsung dilakukan pertolongan pertama pada malam itu.

Baca juga: Penyakit Misterius di India: 455 Orang Dirawat di Rumah Sakit, Alami Gejala Mual, Kejang dan Pingsan

Ardiansyah mengatakan, dari sejumlah warga, ada satu balita berusia 2 tahun yang harus dilarikan ke RS Pertamina Balongan.

Balita itu kini menjalani rawat inap karena mengalami gejala muntah-muntah usai menghirup asap hitam pekat tersebut.

"Tadi ada kejadian balita kurang lebih usia 2 tahun mengalami gejala muntah-muntah, tapi sudah kita tangani dan kita arahkan ke RS Pertamina Balongan," ucapnya.

Sebelumnya, api besar muncul dari cerobong kilang milik PT Pertamina RU VI Balongan pada Kamis (10/12/2020) sekitar pukul 16.30 WIB.

Ketika warga dibawa menggunakan ambulans untuk menjalani pemeriksaan kesehatan di Balai Desa Majakerta, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Kamis (10/12/2020) malam. (Istimewa)

Dari cerobong itu juga menimbulkan asap pekat hitam yang membumbung di udara hingga menyelubungi pemukiman warga di Desa setempat.

Unit Manager Comrel and CSR PT Pertamina RU VI Balongan, Cecep Supriyatna memastikan, asap hitam pekat itu bukan karena kebakaran.

Ia menjelaskan, asap itu terjadi karena adanya gangguan di boiler milik PT Pertamina RU VI Balongan.

"Ini asap jelaga biasa jadi dari boiler ada gangguan sedikit. Seperti kita start mobil lah, itu kan kalau mobil distart suka ada pembakaran," ujar dia.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Balita Dibawa ke Rumah Sakit, Sejumlah Warga Sesak Napas Usai Hirup Asap Kilang Pertamina Balongan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini