News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gempa di Malang dan Surabaya

Jangan Share Sembarangan, Polisi Siber Polda Jatim Patroli Dunia Maya Pasca Gempa

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rumah yang nyaris roboh di Ponorogo akibat gempa.

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Polisi siber Polda Jatim langsung melakukan patroli dunia maya pasca gempa bumi yang mengguncang hampir seluruh daerah di Jawa Timur.

Patroli siber dilakukan untuk mencegah dan menangkal keisengan atau pihak yang bertanggung jawab menyebarkan konten-konten tidak benar atau hoax terkait peristiwa alam tersebut.

Sebab beberapa saat setelah gempa terjadi, banyak video dan foto yang menggambarkan suasana panik dan kerusakan bangunan tersebar bebas di media sosial dan jejaring WhatsApp.

Akurasi foto atau video yang tersebar benar atau tidaknya sebaran foto dan video itu tak menutup kemungkinan membuat cemas bagi yang melihat.

Namun bisa pula kejadian yang tak berhubungan dengan gempa Malang dan sengaja diedit orang tak bertanggung jawab untuk keisengan, agar masyarakat panik, atau berharap memperoleh keuntungan.

"Setelah ada informasi gempa di Malang yang dirasakan hampir di seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur, kami langsung melakukan patroli siber untuk menelusuri bilamana ada akun-akun yang menyebarkan konten-konten yang tidak benar atau hoax," kata Dirkrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Farman saat dikonfirmasi TribunJatim.com dan Surya.co.id, Sabtu (10/4/2021).

Baca juga: Belum Jadi Bencana Nasional, Menko PMK Minta Pemda Tangani Gempa Jawa Timur

Baca juga: Tak Sadar Ada Gempa, Wagub Jatim Emil Dardak Kaget Lihat Orang Panik Keluar Gedung

Oleh sebab itu, Kombes Farman mengimbau kepada masyarakat agar mengkonfirmasi terlebih dahulu ketika menerima atau mendapatkan foto dan video yang dinarasikan pengirim sebagai gambaran visual gempa Malang.

Jika kemudian konten itu ternyata diketahui tidak benar, masyarakat diimbau untuk tidak menyebarkannya lebih luas.

"Gunakan medsos secara bijak, saring terlebih dahulu sebelum sharing," imbaunya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Awas, Polisi Siber Polda Jatim Patroli Dunia Maya Pasca Gempa, Jangan Share Sembarangan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini