News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Banjir dan Longsor di Aceh Besar, 117 KK Mengungsi ke Kedai dan Balai Desa

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kondisi banjir di Gampong Lambaro Neujid, Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar pada Selasa (10/8/2021) pukul 23.30 WIB.

Laporan Wartawan Serambi, Asnawi Luwi

TRIBUNNEWS.COM, ACEH BESAR - Sebanyak 117 KK masyarakat mengungsi ke dua lokasi setelah wilayah mereka direndam air setinggi 20 centimeter hingga 40 centimeter akibat luapan air Krueng Kala dan Krueng Pudeng, Kecamatan Lhoong.

Sebelumnya wilayah itu diguyur hujan deras.

Warga Gampong Pudeng mengungsi ke kedai di jalan raya lintas Banda Aceh-Calang berjumlah 107 KK/358 jiwa dan 10 KK atau 54 jiwa mengungsi ke Balai Desa di Gampong Lambaro Neujid.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Farhan AP didampingi personel Pusdalops, Maswani dalam rilisnya kepada Serambinews.com, Selasa (10/8/2021) malam, menyebutkan, hujan deras yang mengguyur sepanjang hari penyebabkan terjadinya banjir dan longsor.

Musibah longsor berupa material tanah dan batu kecil terjadi di kawasan Gunung Paro dan Kulu, jalan lintas Banda Aceh-Meulaboh.

Hingga saat ini, terus dilakukan upaya pembersihan oleh petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Balai Jalan Wilayah Banda Aceh-Meulaboh.

"Untuk lintasan masih bisa dilalui oleh kendaran yang melintas di daerah itu," terangnya.

Dampak hujan yang mengguyur wilayah Aceh Besar sejak siang hari hingga malam juga mengakibatkan terjadinya banjir luapan dan longsor di beberapa titik lokasi di Aceh Besar.

Tingginya intensitas hujan telah terdampak pada luapan Krueng Kala dan Krueng Pudeng sehingga menggenangi beberapa ruas jalan penghubung antar desa dan rumah warga.

Musibah longsor material tanah dan batu terjadi di dua titik di jalan lintas Desa Gampong Meulingge dan Gampong Rinon, Kecamatan Pulo Aceh.

Baca juga: Banjir Melanda Beberapa Wilayah di Aceh Besar dan Aceh Jaya

Selanjutnya, musibah banjir terjadi di Gampong Lambaro Neujid, Kecamatan Peukan Bada dengan ketinggian air antara 20 centimeter hingga 40 centimeter.

Akibatnya, 10 KK/54 jiwa mengungsi ke Balai Desa setempat.

Menurut Maswani, pihak BPBD Aceh Besar saat ini menyiagakan seluruh personel di setiap pos untuk terus memantau kondisi dan situasi terkini wilayah Aceh Besar.

BPBD Aceh Besar mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang, siaga dan waspada dalam menyikapi perkembangan cuaca saat ini yang mana dapat berpotensi terjadinya banjir dan longsor.

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Aceh Besar Diterjang Banjir dan Longsor, 117 KK Mengungsi

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini