News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kodam Pattimura Pecahkan Rekor Dunia MURI Makan Papeda Terbanyak dan Terpanjang

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon menerima piagam rekor MURI makan papeda terbanyak dan terpanjang di atas ikon kota Ambon Jembatan Merah Putih pada hari ini Minggu (22/5/2022).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kodam XVI/Pattimura memecahkan rekor MURI makan papeda terbanyak dan terpanjang di atas ikon kota Ambon, Jembatan Merah Putih pada hari ini Minggu (22/5/2022). 

Sebanyak total 35 ribu bungkus papeda beserta ikan kuah kuning  dan sepanjang 123 meter papeda disiapkan untuk masyarakat yang hadir di JMP dan seluruh Kodim- Kodim jajaran Kodam XVI/Pattimura yang serempak dilaksanakan secara live.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Maluku dan Maluku Utara, serta seluruh pihak yang terlibat sehingga acara terselenggara dengan lancar. 

"Kenapa kami memilih Papeda, karena kami mengangkat makanan lokal  masyarakat Timur serta mengangkat kearifan lokal. Papeda mempunyai unsur perekat, analogi ini diharapkan Kodam XVI/Pattimura selalu menjadi perekat bangsa, sesuai yang selama ini kami kobarkan lewat Mutiara Pattimura," kata Richard dalam keterangan tertulis pada Minggu (22/5/2022).

Baca juga: Hari ini, Kodam Pattimura Pecahkan Rekor Dunia Muri Makan Papeda Terpanjang dan Terbanyak

Papeda sepanjang 123 meter dan 35.000 papeda bungkus pun juga tak kalah sarat akan makna yaitu 1 melambangkan Kodam XVI/Pattimura sebagai Prajurit Pelindung dan Perekat Bangsa sebagai pemersatu bangsa, sedangkan 23 merupakan usia pengabdian Kodam XVI/Pattimura saat ulang tahun ini genap 23 tahun.

Tak hanya untuk masyarakat Maluku dan Maluku Utara, perayaan HUT ke-23 Kodam XVI/Pattimura juga didedikasikan, khususnya untuk Alm Kasdam Patimura Brigjen TNI Stepanus Mahury. 

"Kegiatan ini juga hasil pemikiran  beliau beserta kami semua, maka acara ini kami dedikasikan kepada Almarhum Brigjen TNI Stepanus Mahury atas segala gagasan positifnya, tentunya beliau akan bangga dan seluruh kontribusi positifnya akan kami lanjutkan demi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Maluku dan Maluku Utara," kata Richard.

Perayaan HUT Kodam sekaligus pemecahan rekor MURI tersebut turut dihadiri oleh sejumlah pejabat, di antaranya Gubernur Maluku, Irjen Pol (Purn) Murad Ismail, Kapolda Maluku, Irjen Pol Lotharia Latif, Danlantamal IX/ Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, Irdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Muhamad Muchidin, dan Kapoksahli Pangdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Adam Suwarno Pangeran.

Turut hadir Danrem 151/ Binaiya, Brigjen TNI Maulana Ridwan, Danrem 152/ Baabullah, Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito.

Hadir secara Virtual Gubernur Maluku Utara dan Forkopimda  serta segenap lapisan masyarakat dari Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku utara.

Pemecahan rekor Muri tersebut juga dimeriahkan artis Ibukota dan flypass serta pembentukkan angka 23 oleh kapal nelayan di laut Teluk Ambon.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini