News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HUT Kemerdekaan RI

Gibran Semangati Para Paskibraka yang Gagal Kibarkan Merah Putih Saat Upacara HUT Ke-77 RI

Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Insiden tidak berkibarnya bendera Merah Putih terjadi di Kota Solo, tepatnya di upacara peringatan hari kemerdekaan RI ke-77 di Stadion Sriwedari, Rabu (17/8/2022). Hal itu terjadi karena ring untuk pengikat tali bendera tiba-tiba terputus saat bendera hendak dibentangkan

TRIBUNNEWS.COM, SOLO-  Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan semangat kepada para anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang gagal mengibarkan bendera Merah Putih.

Aksi tersebut saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI di Stadion Sriwedari, Rabu (17/8/2022).

Baca juga: HUT ke-77 RI : Muryansyah Solo Triathlon 1.293 Kilometer Demi Kampanye Pengelolaan Sampah

"Ndak apa-apa, untuk adik-adik kemarin saya kukuhkan telah bekerja keras yang berlatih setiap hari siang dan malam sudah tidak kehitung geladinya beberapa kali. Ya, memang kejadian atau kecelakaan seperti itu tidak bisa diprediksi. Yang penting tetep semangat," tegas Gibran, Rabu (17/8/2022).

Gibran telah meminta maaf atas batalnya pengibaran bendera Merah Putih tersebut.

Pembatalan itu dikarenakan pengait bendera alami kerusakan. Akhirnya bendera dibentangkan secara manual serta tetap diiringi lagu "Indonesia Raya".

Baca juga: Cerita Prabowo Subianto Ikut Joget Bareng Farel Prayoga di Istana Merdeka Saat Perayaan HUT ke-77 RI

"Pokoknya tetap jalan terus, kesalahan kecil tidak apa-apa, saya mohon maaf. (Perbaikan pengait) ya, untuk nanti sore. Harus tetap ada penurunan. Tadi ada yang rusak pengaitnya, tidak apa-apa," kata Gibran.

Seperti diberitakan sebelumnya, Muhammad Naban Haikal Fikri, salah satu anggota Paskibraka yang bertugas mengibarkan bendera, menceritakan bahwa pengait bendera kondisinya patah.

Baca juga: Semarakkan HUT ke-77 RI, Harga Tiket GIIAS 2022 Dibanderol Rp 77 Ribu

"Tadi itu, besi yang buat dikaitkan itu patah. Sempat dikaitkan tapi patah," katanya usai upacara bendera, Rabu (17/8/2022).

(Penulis : Kontributor Kota Solo, Fristin Intan Sulistyowati)

Berita ini telah tayang di Kompas.com

Berita Populer