News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Generasi Muda harus Punya Literasi Soal Pentingnya Lestarikan Situs Sejarah

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Arif Fajar Nasucha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Lomba jelajah sejarah di Lasem, Rembang, Jawa Tengah, Sabtu (11/2/2023), untuk memperkenalkan dan melestarikan situs sejarah bagi kalangan generasi muda.

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anak muda diharapkan menjadi generasi masa depan yang tidak hanya unggul dalam segi pendidikan, namun juga memiliki pemahaman yang baik terhadap pentingnya melestarikan situs sejarah sebagai warisan bangsa.

Forum Komunikasi Masyarakat Sejarah (Fokmas) pun menggelar agenda rutin tahunan lomba jelajah sejarah di Lasem, Rembang, Jawa Tengah, sebagai upaya untuk memperkenalkan dan melestarikan situs sejarah bagi kalangan generasi muda.

Lomba ini berisi kegiatan menelusuri 4 situs yang ada di lasem Rembang.

Ketua Fokmas, Ernantoro mengatakan bahwa lomba ini digelar pada Sabtu (11/2/2023) dan diikuti oleh para pelajar tingkat SLTP hingga SLTA sederajat untuk memperebutkan Piala Gus Hanies.

Wakil Bupati Rembang M Hanies Cholil Barro atau akrab disapa Gus Hanies mengatakan bahwa kegiatan rutin tahunan ini sangat baik dengan memberikan edukasi dan pemahaman kepada pelajar sebagai generasi penerus bangsa tentang sejarah di kota Lasem.

"Diharapkan, kegiatan ini juga sekaligus menjadi bagian dari Moderasi Beragama," kata Gus Hanies.

Piala ini pun diserahkan secara langsung oleh Gus Hanies.

Baca juga: Lomba Kejuruan Siswa SMK TKJ Dinilai Jadi Langkah Wujudkan Generasi Berdaya Saing di Era Society 5.0

Selain itu hadir pula Tokoh Muda Pemerhati Budaya Selamet Mujahidin Sya'bani dan Pamong Budaya Ahli Muda Bagus Ujianto, serta Koordinator Sedulur Ngalah Khumaedi.

Sementara peraih juara pada lomba ini diantaranya, juara 1 SMP N 3 Lasem, juara 2 SMP N 1 lasem, dan juara 3 MAN 2 Rembang

Lalu juara harapan 1 SMP N 2 Lasem, juara harapan 2 SMA N 1 Lasem dan juara harapan 3 MA Al Hidyat Lasem.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini