News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Lebaran 2023

Wisatawan Membludak, Polisi Terapkan Satu Arah Menuju Kawasan Wisata Lembang

Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kondisi arus lalu lintas saat H+1 Lebaran di kawasan objek wisata Lembang, Minggu (23/4/2023).

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Imbas membludaknya kendaraan wisatawan di kawasan objek wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) membuat polisi melakukan rekayasa lalu lintas.

Saat H+1 Lebaran, Minggu (23/4/2023), polisi menerapkan satu arah menuju kawasan objek wisata Lembang.

Baca juga: Kapan Puncak Arus Balik Lebaran 2023? Ini Prediksi Kemenhub

Kepadatan kendaraan yang didominasi kendaraan plat nomor luar daerah tersebut terjadi dari arah Bandung menuju Lembang karena banyak wisatawan yang akan menghabiskan libur Lebaran di sejumlah objek wisata.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Sudirianto mengatakan, pada H+1 Lebaran ini sempat terjadi antrean hingga ekor kendaraan wisatawan sampai ke depan Hotel Gaia pada hari, sehingga pihaknya menerapkan skema one way.

Baca juga: Libur Lebaran Ancol Tetap Buka hingga Tengah Malam, Tiket Beli Online

"Arus lalu lintas dari pukul 07.00 WIB cukup meriah, jadi kami telah menerapkan tiga kali one way dari arah Bandung menuju Lembang agar kondisi arus lalu lintas bisa lancar," ujarnya saat ditemui di Lembang, Minggu (23/4/2023).

Menurutnya, kepadatan kendaraan ini terjadi karena volume kendaraan mengalami peningkatan dari hari H Lebaran dan ditambah adanya trouble spot di kawasan The Great Asia Africa (TGAA) dan Farmhouse Lembang.

"Kemarin volume kendaraan ada peningkatan 20 persen, kalau sekarang bisa lebih, sehingga kami menempatkan personel yang lebih banyak dan cara bertindak (cb) kanalisasi," kata Sudirianto.

Ia mengatakan, kanalisasi itu dilakukan agar wisatawan yang menyebrang dari The Great Asia Africa ke Farmhouse dan sebaliknya tidak melalui jalur bawah, tetapi diarahkan melalui jembatan penyebrangan.

Untuk antisipasi kepadatan kendaraan yang lebih parah pihaknya juga akan terus menyiagakan sejumlah petugas di titik trouble spot untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas selama momen libur lebaran tersebut.

Baca juga: Hari Kedua Lebaran: Belasan Ribu Pengunjung Banjiri TMII, Teater Keong Mas Jadi Favorit

"Kami dibantu anggota Sabhara Polres Cimahi untuk memperkuat penarikan kendaraan yang datang dari arah Bandung maupun dari arah Lembang," ucapnya.

Menurutnya, langkah tersebut perlu dilalukan agar kondisi arus lalu lintas yang mengalami kepadatan di kawasan objek Wisata Lembang bisa terurai dan tidak terjadi kemacetan.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Kawasan Wisata Lembang Dipadati Kendaraan Wisatawan saat H+1 Lebaran, Polisi Terapkan 3 Kali One Way

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini