News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Puluhan Ekor Gajah Teror Warga Air Sugihan, OKI, Nyaris Masuk Perkampungan

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suasana mencekam dirasakan masyarakat yang bermukim di RT 16, RW 04, Desa Bukit Batu, Kecamatan Air Sugihan OKI, puluhan gajah mengamuk nyaris masuk permukiman, Rabu (31/5/2023).

TRIBUNNEWS.COM, KAYUAGUNG - Puluhan gajah liar membuat warga di Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan kalang kabut, Rabu (31/5/2023)

Binatang berukuran raksasa tersebut meneror serta mencoba memasuki perumahan para warga.

Akibatnya suasana mencekam terjadi pada warga yang bermukim di RT 16, RW 04, Desa Bukit Batu, Kecamatan Air Sugihan sekira pukul 18.00 WIB.

Seorang warga menyebut jumlah gajah yang mendatangi lokasi tersebut hampir mencapai 30 ekor.

"Sehari sebelumnya ada dua ekor gajah merusak rumah warga. Kemarin sore ada sekitar 30 ekor gajah yang kembali mencoba memasuki area pemukiman di wilayah kami," kata Iwan salah satu warga setempat sewaktu dihubungi melalui telepon, Kamis (1/6/2023) sore.

Beruntung sebelum gajah-gajah tersebut benar-benar masuk, masyarakat sekitar dengan sigap menghalau dengan cara merusak konsentrasi kawanan gajah.

"Sewaktu itu posisi gajah masih berada di seberang kali (aliran anak sungai) dan mereka terdengar mengeluarkan teriakan (suara aungan)."

"Karena kami khawatir gajah-gajah itu bisa merusak rumah kami, maka saya bersama warga lainnya mendekati kawanan gajah dan menakut-nakuti mereka dengan suara tong atau galon yang ditabuh," ujar dia.

Masih kata Iwan, dikarenakan gajah merasa takut. Akhirnya puluhan gajah itupun memutuskan memutar arah dan berjalan meninggalkan lokasi permukiman warga.

"Tidak sempat memasuki desa. Saya dan warga lainnya berhasil mengusirnya untuk kembali ke habitatnya lagi," tambahnya.

Menurut Iwan dengan adanya peristiwa ini, maka setiap malam mulai pukul 19.00 sampai 04.00 WIB ada sekira 50 warga yang melakukan ronda malam untuk berjaga-jaga menghalau jika ada gajah yang mendekati permukiman.

"Tentunya kami semua merasa was-was setiap harinya. Nyawa dan rumah kami menjadi taruhannya, karena jumlah dan ukuran gajah tidak sebanding dengan jumlah warga disini,"

"Bayangkan gimana lelahnya kami disini setiap malam terpaksa begadang dan siangnya tetap dituntut bekerja di sawah untuk memenuhi kebutuhan hidup," keluhnya, seperti yang dirasakan puluhan masyarakat lainnya.

Mereka sangat meminta bantuan pihak terkait untuk mencarikan solusi agar kawanan gajah tidak lagi menyerang permukiman warga setempat.

"Kami cuma bisa berharap supaya pihak-pihak terkait ikut turun tangan mencarikan solusinya. Supaya kenyamanan dan keamanan warga bisa terwujud," pungkasnya. (Winando Davinchi)

Artikel ini telah tayang di TribunSumsel.com dengan judul Puluhan Gajah Mengamuk di Desa Bukit Batu OKI, Nyaris Masuk Area Permukiman Warga,

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini