News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Marinir TNI AL dan Tentara AS Perbaiki Jalan di Situbondo Dalam Rangka Super Garuda Shield 2023

Penulis: Gita Irawan
Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Prajurit TNI Angkatan Laut Pasmar 2 Korps Marinir bersama dengan personel US Indopacom (United States Indo-Pacific Command) memperbaiki jalan dan membangunan fasilitas umum di Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo, Jawa Timur pada Kamis (24/8/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Prajurit TNI Angkatan Laut Pasmar 2 Korps Marinir bersama dengan personel US Indopacom (United States Indo-Pacific Command) melaksanakan sejumlah kegiatan Engineering Civic Action Program (ENCAP) Super Garuda Shield 2023.

Kegiatan tersebut di antaranya perbaikan jalan, perbaikan dan pembangunan fasilitas umum di Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo, Jawa Timur pada Kamis (24/8/2023).

Baca juga: Tim Gabungan TNI AL Gagalkan Penyelundupan 15 Karung Pakaian Bekas dari Malaysia

Ditempat terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menegaskan bahwa peningkatan kerjasama khususnya di bidang latihan dengan negara sahabat menjadi salah satu prioritas. 

"Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam bentuk Latihan Bersama antar negara, hingga pelaksanaan pendidikan mutlak harus dilaksanakan dengan negara-negara sahabat, guna membentuk prajurit Jalasena yang tangguh, profesional dan berdaya gentar tinggi," kata Ali dalam keterangan resmi Puspen TNI dikutip Jumat (25/8/2023). 

Kegiatan ENCAP dimulai pada tanggal 19 Agustus 2023 sampai dengan 12 September 2023.

Sejumlah target kegiatan tersebut di antaranta melaksanakan perbaikan jalan berupa pengerasan Jalan Tank di Pusat Latihan Tempur 5 (PLP 5) Baluran dan renovasi SD Negeri 02 Sumber Rejo, Situbondo. 

Kegiatan tereebht melibatkan personel Marinir TNI AL dan US Army dari US Indopacom, menggunakan berbagai peralatan digunakan untuk pembangunan infrastruktur tersebut.

Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar) Y. Rudy Sulistyanto mengatakan latihan Super Garuda Shield dirancang untuk memperkuat interoperabilitas, skill, rasa saling percaya, dan kerja sama dalam upaya menciptakan stabilitas keamanan di wilayah Indo-Pasifik. 

Baca juga: 81 Personel Angkatan Darat Australia Tiba di Lanud TNI AL Surabaya untuk Super Garuda Shield 2023

Latihan bersama tahunan antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Komando Indo-Pasifik AS (INDOPACOM) bertajuk Super Garuda Shield ini, rencananya akan diikuti oleh 22 negara dan akan digelar pada awal September 2023 mendatang di Situbondo Jawa Timur. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini