News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ikut Berlayar di Kapal Perang 30 Jam, Mensos Kawal 16,5 Ton Bantuan Bakti Sosial ke Pulau Kei Besar

Penulis: Gita Irawan
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Sosial Tri Rismahirini tiba di KRI Teluk Weda - 526 yang sandar di Dermaga Tawiri Lantamal IX Ambon pada Selasa (23/7/2024).

TRIBUNNEWS.COM, AMBON - Menteri Sosial Tri Rismahirini tiba di KRI Teluk Weda - 526 yang sandar di Dermaga Tawiri Lantamal IX Ambon pada Selasa (23/7/2024).

Setibanya di kapal perang satuan kapal amfibi Koarmada III TNI Angkatan Laut tersebut, Risma kemudian mendengarkan safety briefing dari Komandan KRI Teluk Weda - 526 Letkol Laut (P) Ricky Tacoma.

Risma lalu meninjau sekira 16,5 ton bantuan yang akan disalurkan kepada warga di Pulau Kei Besar Kecamatan Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku melalui sejumlah kegiatan bakti sosial.

Saat peninjauan tersebut ia mengucapkan terima kasih kepada jajaran KRI Teluk Weda - 526 yang telah mendukung kegiatan Kementerian Sosial tersebut.

"Salah satu tugas Kementerian Sosial memang untuk memberi perhatian pada daerah 3 T (tertinggal, terdepan, dan terluar)," jelas Risma.

Bantuan sosial dari Kementerian Sosial tersebut akan diangkut  menuju Pelabuhan Laut di Elat Kecamatan Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku.
 
Barang bantuan tersebut di antaranya berupa pupuk, kasur, vitamin, tandon air, traktor tangan, kapal-kapal nelayan berukuran kecil, dan sebagainya.

Barang-barang bantuan tersebut telah dimuat di dalam kapal perang berjenis Landing Ship Tank itu sejak Minggu (23/7/2024).

Risma akan turut dalam pelayaran dari Ambon menuju Pelabuhan Elat Kei Besar yang memakan waktu sekira 30 jam tersebut.

"Memang harus diniati," kata Risma.

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat menghadiri Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XXVII Tahun 2024 di ruang Aula Utama Kampus BPSDM Jawa Barat (Jabar), Kota Cimahi, Kamis (18/7/2024). (Istimewa)

Komandan KRI Teluk Weda - 526 Letkol Laut (P) Ricky Tacoma sebelumnya mengatakan proses embarkasi bantuan dari Kemensos tersebut telah dilaksanakan secara bertahap sejak kemarin.

Ia mengatakan rencananya bantuan tersebut akan dikirim ke Kecamatan Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku pada Selasa (23/7/2024) 

"Dengan kondisi normal kapal kami, kecepatan kemampuannya 12 knot. Insya Allah dari Ambon ke Pulau Kei Besar akan memakan waktu 30 jam," kata Ricky di Dermaga Tawiri Lantamal IX Ambon pada Senin (22/7/2024).

"Sehingga insya Allah besok Ibu (Mensos) akan tiba jam 07.00 (WIT), kemudian akan datang ke kapal pukul 08.00 insya Allah kapal akan bertolak jam 09.00, dan tiba di sana pukul 15.00 di hari Rabu," sambung dia.

Ricky mengatakan pihaknya juga telah melakukan persiapan teknis untuk memastikan kapal dalam kondisi baik sebelum kapal tersebut bertolak menuju Kei Besar.

Ia mengatakan sebelum tiba di Ambon pada Jumat pekan lalu, telah dilakukan pemantapan kondisi kepada KRI Teluk Weda - 526 di Surabaya.

"Saya beserta kru KRI Teluk Weda melaksanakan tugas untuk mempersiapkan KRI. KRI di mana yang setelah melaksanakan perbaikan di Surabaya, pemantapan kondisi di Surabaya kemarin berangkat seminggu yang lalu, di hari Senin kami berangkat kemudian baru tiba di hari Jumat," kata dia.

Baca juga: Beri Penghargaan, Mensos Risma Apresiasi Sejumlah Pemangku Kepentingan Berjasa

Ricky mengatakan kesempatan ini adalah pertama kalinya dirinya dan kru KRI Teluk Weda - 526 menjalankan misi pengiriman bantuan ke Kei Besar.

Untuk itu, menurutnya momen tersebut bersejarah.

"Ini momen bersejarah buat kami, karena kami baru pertama kali ini bisa bekerja sama dengan Kementerian Sosial, dan bisa langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk bisa memberikan bantuan Kementerian Sosial tersebut," kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini