News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

TKW Asal Cianjur Meninggal di Dubai, Diduga Karena Dianiaya Majikan

Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ilustrasi jenazah - Seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Cianjur, Jawa Barat, bernama Ati Rohayati (56) meninggal dunia di rumah sakit di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). 

TRIBUNNEWS.COM, CIANJUR -  Seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Cianjur, Jawa Barat, bernama Ati Rohayati (56) meninggal dunia di rumah sakit di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). 

Tenaga kerja wanita (TKW) tersebut diketahui berasal dari asal Kampung Sukamahi, Desa Sukamanah, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur.

Ati meninggal dunia diduga akitab dianiaya majikannya. Jenazah Ati tiba di kampung halamannya pada Jumat (16/8/2024) sekitar pukul 21.30 WIB.  

Baca juga: PMI Terkontraksi, Anggota Komisi VI DPR: Kebijakan BMAD Harus Segera Direalisasikan

Kepulangan Ati pun disambut isak tangis histeris oleh sejumlah keluarganya yang sudah menunggu sejak Jumat siang. 

Kuasa hukum keluarga korban dari lembaga perlindungan dan advokasi PMI, DPC Gerhana Pro Cianjur, Hendrik Prayoga, mengatakan, dari informasi yang diterima, Ati baru enam bulan bekerja di Dubai.  

"Pada Mei 2024, korban sempat berkomunikasi dengan keluarga dan mengaku kerap disiksa majikannya pada beberapa bulan awal dia bekerja. Lalu sempat hilang kontak dua bulan," kata Hendrik kepada wartawan, Sabtu (17/8/2024). 

Dia mengatakan, pihak keluarga bisa menjalin komunikasi dengan korban pada Juli 2024. Ati berkabar bahwa sudah berada di agensi penempatan kerja.

"Tapi saat itu kondisinya sudah memprihatinkan karena terlihat beberapa luka lebam di wajah, leher dan kepala. Saat itu, komunikasi terjadi dibantu PMI lain asal Cirebon. Korban sudah dalam kondisi sakit parah," katanya. 

Da mengatakan, pihaknya juga telah memiliki bukti berupa tangkapan layar handphone saat berkomunikasi dengan korban, ketika mengaku sering dipukuli dan dicolok matanya oleh sang majikan.  

"Keluarga korban mendapatkan informasi Ati sudah meninggal dunia pada Sabtu (26/7/2024). Informasi yang diteriman keluarga korban meninggal di rumah sakit di Dubai, karena penyakit TBC. 

Baca juga: Akademisi: PMI Industri Indonesia jadi Korban Relaksasi Impor

"Berdasarkan keterangan keluarga, sudah dua bulan tak menerima upah. Padahal Ati seharusnya menerima gaji sebesar 1.200 dirham Uni Emirat Arab (AED) atau sekitar Rp 8 juta, ditambah hak kerohiman dari sponsor," katanya. 

Hendrik mengatakan, pihaknya segera melaporkan dugaan tindak pidana perdagangan orang (TPPO) yang dilakukan sponsor yang berinisial L ke Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Sat Reskrim Polres Cianjur. (*)

Penulis: Fauzi Noviandi

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Mata Ati Sering Dicolok Majikan, TKW Asal Mande Cianjur Meninggal di Dubai UEA

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini