News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Apa Itu Kiamat Internet? Fenomena Akibat Badai Matahari Besar

Penulis: Yurika Nendri Novianingsih
Editor: Whiesa Daniswara
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Peneliti prediksi kiamat internet akibat badai matahari besar. Berikut penjelasannya.

TRIBUNNEWS.COM - Simak penjelasan terkait kiamat internet pada artikel ini.

Badai matahari mungkin merupakan fenomena umum di Matahari, namun dapat memengaruhi kehidupan makhluk hidup di Bumi.

Seorang peneliti Amerika Serikat mengatakan, badai matahari dengan skala besar dapat mempengaruhi jaringan internet global.

Akibatnya, kita akan hidup tanpa internet selama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Dikutip dari tomsguide.com, Sangeetha Abdu Jyothi, seorang asisten profesor di University of California, Irvine, dalam sebuah makalah yang berjudul 'Solar Superstorms: Planning for a Internet Apocalypse', menjelaskan badai ini dapat menghasilkan awan partikel matahari termagnetisasi yang dapat merusak jaringan listrik dan kabel bawah laut yang menghubungkan sebagian besar internet dunia.

Pada konferensi komunikasi data SIGCOMM 2021, Jyothi mengungkapkan bahwa badai matahari yang kuat dapat menyebabkan 'Kiamat Internet'.

Baca juga: Fenomena Langit Malam September 2021, Hujan Meteor Perseid hingga Penampakan Merkurius

SIGCOMM adalah nama konferensi 'flagship' tahunan, yang diselenggarakan oleh SIGCOMM, yang dianggap sebagai konferensi terkemuka dalam komunikasi data dan jaringan di dunia.

Ini juga merupakan Asosiasi untuk Kelompok Minat Khusus Mesin Komputasi tentang Komunikasi Data, yang berspesialisasi dalam bidang komunikasi dan jaringan komputer.

Dikatan oleh Jyothi, kiamat internet akan membuat sebagian besar masyarakat offline selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Menurut makalah Jyothi, para ilmuwan memperkirakan kemungkinan cuaca luar angkasa ekstrem yang berdampak langsung ke Bumi antara 1,6% hingga 12% per dekade.

Kiamat internet akibat badai matahari.

Dalam sejarah, hanya dua badai yang tercatat, yakni pada tahun 1859 dan 1921.

Insiden sebelumnya, yang dikenal sebagai Peristiwa Carrington, menciptakan gangguan geomagnetik yang begitu parah di Bumi, sehingga kabel telegraf terbakar dan aurora biasanya hanya terlihat di dekat kutub planet.

Badai yang lebih kecil juga membawa pukulan pada bulan Maret 1989 yang membuat seluruh provinsi Quebec di Kanada padam selama sembilan jam.

Kabar baiknya adalah koneksi internet lokal dan regional kemungkinan tidak akan rusak karena ketahanan kabel serat optik terhadap arus induksi geomagnetik.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini