News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tribunners

Tribuners adalah platform jurnalisme warga. Untuk berkontribusi, anda bisa mengirimkan karya dalam bentuk berita, opini, esai, maupun kolom ke email: redaksi@tribunnews.com.

Konten menjadi tanggungjawab penulis dan tidak mewakili pandangan redaksi tribunnews.com.

Inilah Manfaat Air Perasan Lemon Hangat

Penulis: Salma Fauziah Afifah S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNERS - Minum air perasan lemon dengan campuran air hangat di pagi hari sangat menyegarkan. Selain itu air perasan lemon bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Menurut Roxanne Sukol, dari Cleveland Clinic Wellness Institute, asam dalam jus lemon memberikan tubuh lebih banyak waktu untuk mengambil dan memproses nutrisi dalam makanan.

Sehingga menghemat simpanan insulin dalam tubuh, dan juga membantu tubuh mendapatkan lebih banyak nutrisi dari makanan yang diasup.

Asam sitrat pada air perasan jeruk lemon hangat, mengandung antibakteri dan memaksimalkan fungsi enzim yang merangsang kinerja organ hati, sehingga memaksimalkan proses detoks pada tubuh secara keseluruhan.

Kandungan vitamin A, B1, B2, fosfor pada jeruk lemon baik untuk pencernaan, dan meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah virus penyebab influenza.

Buah lemon juga berlimpah kandungan serat berupa pektin yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Vitamin c yang terkandung dalam air perasan lemon akan membantu proses pengeluaran racun yang ada dalam tubuh serta dapat mengurangi kerutan pada wajah.

Selain itu vitamin c meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit jantung koroner serta risiko stroke.

Menurut Oregon State University, vitamin yang terkandung bersifat antioksidan, sehingga menurunkan risiko terkena kanker.

Kandungan flavonoid diketahui berperan sebagai antioksidan alami.

Aktivitas antioksidan tersebut memungkinkan flavonoid untuk menangkap, atau menetralkan radikal bebas dengan demikian meminimalkan efek kerusakan pada sel dan jaringan tubuh termasuk anti kanker.  

Namun selain menyehatkan, air perasan jeruk lemon dengan air hangat memiliki efek samping yang buruk pada gigi terutama bila dikonsumsi setiap hari.

Seperti yang kita ketahui bersama, mengonsumsi sesuatu secara berlebihan apapun yang menyehatkan akan tetap berdampak buruk pada kesehatan.

Menurut Profesor Damien Walmsley, ahli kesehatan gigi asal Inggris, zat asam pada lemon sangat tinggi. Ditambah lagi dengan suhu panas, keduanya akan sangat mengikis lapisan pelindung gigi dan membuatnya jadi rapuh.

Hal tersebut menyebabkan gigi jadi berbintik dan mengalami perubahan warna.

Studi juga menunjukkan level asam yang tinggi sangat merusak gigi.

Lemon memiliki pH antara 2 dan 3 karena itu sangat asam, dan suhu yang panas menambah sifat erosifnya.

Ia mengatakan jika diminum secara teratur, akan menyebabkan pelunakan dan pelindung gigi hilang dari permukaan yang disebut erosi gigi. Efek yang terjadi gigi bisa jadi lebih sensitif, ngilu, atau mudah keropos.

Oleh karena itu, disarankan untuk meminum ramuan tersebut melalui sedotan agar cairannya tak mengenai gigi atau meminimalisirnya. Cara lain dengan langsung menelan dalam sekali teguk agar gigi tak terkena cairan lemon. Setelah itu segera kumur dengan air putih.

Selengkapnya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini