News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ramadan 2013

Agus Kuncoro Ajarkan Esensi Puasa Pada Anak, Bukan Memaksa Lapar

Penulis: Willem Jonata
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aktor Agus Kuncoro (dua kanan) saat menghadiri jumpa pers peluncuran film Bali Dangerous, di Wisma Antara, JUmat (19/8/2011). (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA0

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willem Jonata

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Agus Kuncoro pantang memaksakan anak-anaknya menjalankan ibadah puasa. Terutama menahan lapar dan haus saat Bulan Suci Ramadan. Sebab, usia mereka masih sangat belia.

Bintang film "Gending Sriwijaya" itu, membiarkan anaknya menahan lapar dan haus sesuai dengan kemampuannya. Ia merasa Tidak perlu mepatok waktunya. Misalnya, harus setengah hari atau seharian penuh.

"Anak belum memaksakan ya, mereka masih kecil. Tapi, mereka saya ajarkan esensi berpuasa, jauh lebih penting," ucapnya, saat ditemui di kawasan Monas, Jakarta Pusat.

Dengan kata lain, ia memaparkan bahwa berpuasa merupakan kewajiban umat Muslim. Karena di bulan itu penuh berkah dan ampunan. Bukan sekadar menahan lapar dan haus. Tapi juga mengendalikan emosi dan tidak membicarakan orang lain.

Ia kemudian menerapkannya dari hal yang paling sederhana. Misalnya, anaknya itu diminta untuk bersikap mandiri. Segala sesuatunya harus bisa dikerjakan sendiri. Tidak menyuruh orang lain untuk mengerjakannya.

"Biasanya suruh-suruh mbak, sekarang mereka kerjakan sendiri," ucapnya.

Ia pun memberikan reward kalau anak-anaknya menunaikan ibadah puasa. "Saya bilang ke mereka, 'Kalau kamu melakukan sesuatu yang benar, pasti ada rewardnya.' Tapi, bukan karena puasa sampai jam 12 gitu," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini