News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Beratnya Perjuangan Atiqah Hasiholan Jadi Ibu, Anaknya Dianggap Bodoh karena Disleksia

Penulis: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Adegan Atiqah Hasiholan dalam film Wonderful Life. Atiqah berperan sebagai seorang ibu seorang anak yang menyandang disleksia.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Belum memiliki momongan namun Atiqah Hasiholan sudah pernah merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang ibu.

Bukan ibu biasa, Atiqah bahkan harus berjuang mendampingi Aqil, anaknya yang menyandang disleksia, sebuah gangguan dalam perkembangan baca-tulis yang umumnya terjadi pada anak menginjak usia 7 hingga 8 tahun.

Istri Rio Dewanto ini bahkan merasakan bagaimana anaknya dianggap sakit, bodoh bahkan disebut anak terbelakang karena disleksia.

Aqil, sang anak mengalami kesulitan belajar membaca dengan lancar dan kesulitan dalam memahami meskipun normal atau diatas rata-rata.


Adegan Atiqah Hasiholan dalam film Wonderful Life. Atiqah berperan sebagai seorang ibu seorang anak yang menyandang disleksia.

Ini termasuk kesulitan dalam penerapan disiplin Ilmu Fonologi, kemampuan bahasa/pemahaman verbal.

Sambil berurai airmata Atiqah yakin anaknya tidak sakit," Aqil tidak sakit, kita yang sakit," kata Atiqah menahan sedihnya saat sang ayah mengatakan ia gagal mendidik sang anak.

Aqil dianggap sakit karena saat usianya 8 tahun tidak bisa membaca dan menulis dan hanya bisa menggambar.

Pun, saat ada yang memonis, penyandang disleksia tak bisa disembuhkan, Atiqah dengan tegas dan tatapan tajam mengatakan keyakinannya,"Non sen bu, semua penyakit ada obatnya."

Itu adalah penggalan dialog Atiqah dalam film Wonderful Life yang segera tayang.

Ya, Atiqah Hasiholan akan berperan sebagai seorang ibu seorang anak yang menyandang disleksia.

Film ini diangkat dari kisah nyata Amalia Prabowo, seorang profesional periklanan yang sukses berkarir, dan ibu seorang anak penyandang disleksia.

Peran ini diakui Atiqah cukup menantang sekaligus sangat dekat dengan dirinya. "Waktu baca judulnya saja, saya juga cukup related."

Atiqah juga mengaku, ia tak kesulitan berperan sebagai Amalia dalam film itu. Selain banyak berdiskusi dengan Aqil dan Amalia, ibunya, ia juga kebetulan memiliki keluarga yang berkebutuhan khusus.

"Jadi kurang lebih tahu seperti apa," ujarnya.

Tokoh yang pernah menyandang Disleksia

Darian Mandala Sofian dalam komentarnya di trailler film Wonderful Life di YouTube mengatakan sejumlah tokoh pernah mengalami disleksia.

Ia menyebutkan nama-nama besar seperti Lee Kuan Yew dan Steve Jobs pernah mengalami gangguan membaca dan sempat pula dianggap bodoh.


Adegan Atiqah Hasiholan dalam film Wonderful Life. Atiqah berperan sebagai seorang ibu seorang anak yang menyandang disleksia.

"Lihat trailernya, langsung berharap semoga film ini bagus dan dapat mengedukasi penonton mengenai disleksia, yaitu gangguan kemampuan membaca yang di masyarakat awam di Indonesia seringkali masih di anggap orang bodoh, padahal orang disleksia sudah ada yang berhasil menjadi presiden (Lee Kuan Yew), pengusaha (Steve Jobs - Apple, Ingvar Kamprad - IKEA, Richard Branson - Virgin), penemu / ilmuan (Alexander Graham Bell, Galileo Galilei, Michael Faraday, Nikola Tesla), seniman (Leonardo da Vinci, Pablo Picasso), pembuat film / pemain film / artis (Steven Spielberg, Orlando bloom, Tom Cruise, Anthony Hopkins, Keanu Reeves, Channing Tatum, Ozzie Osbourne, Jennifer Aniston, Salma Hayek, Kiera Knightley), dan masih banyak lagi orang disleksia lainnya yang menunjukkan kemampuan di segala bidang, bahkan ada yang sudah sampai menginjakkan kakinya ke bulan (Charles "Pete" Conrad, Jr.).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini