News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pernikahan Artis

Besok Menikah, Evi Masamba Jalani Prosesi Adat Sebelum Sah Jadi Istri Arif Hajrianto

Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Foto-foto Evi Masamba Khatam Alquran dan Pengajian Sebelum Menikah, Bikin Panglin

TRIBUNNEWS.COM, MALANGKE - Resepsi pernikahan penyanyi Evi Masamba atau Evi Anggreni digelar di Dusun Babana Kawali, Desa Malangke, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Rabu (24/10/2018).

Ayah Evi, Emmang, mengatakan, sebelum resepsi, digelar beberapa prosesi yang menjadi tradisi pernikahan di Malangke sehari sebelumnya.

"Hari Selasa (23/10/2018) itu, ada acara mappacci dan labbe," kata Emmang, Minggu (21/10/2018).

Dikutip dari berbagai sumber, prosesi Mappacci pernikahan adat Bugis atau yang biasa dikenal dengan malam pacar merupakan budaya Adat Bugis yang sudah menjadi keharusan untuk dilakukan bagi keturunan darah Bugis.

Prosesi Mappacci pernikahan adat Bugis dilaksanakan pada saat menjelang acara akad nikah atau ijab kabul keesokan harinya.

Baca: Jelang Pernikahan Evi Masamba, Dandanannya Saat Pengajian Bikin Pangling dan Rahasia Uang Panaik

Mirip dengan prosesi malam Bainai, prosesi Mappacci pernikahan adat Bugis adalah salah satu upacara adat Bugis yang dalam pelaksanaannya menggunakan daun pacar (Lawsania alba) atau Pacci.

Menggunakan daun Pacci ini berhubungan dengan kata paccing yang dalam bahasa Bugis memiliki arti kesucian dan jiwa yang bersih.

Sebelum menghiasi tangan calon pengantin wanita dengan daun pacci, prosesi ini didahului dengan mappanré temme (khatam Al-Quran) dan barazanji. Dengan begitu prosesi Mappacci pernikahan adat Bugis ini terasa lebih sakral dan khidmat. Hal itu juga yang mengartikan Mapacci juga sebagai simbol akan kebersihan raga dan kesucian jiwa.

Orangtua dan keluarga besar Evi pun melakukan prosesi ini, pada Selasa malam atau malam pernikahan digelar juga pengajian.

"Setelah pengajian ada acara hiburan (elekton)," ucap Emmang.

Evi Masamba yang juga juara D'Academy 2 akan menikah dengan seorang pria bernama Arif Hajrianto.

Arif merupakan pria asal Morowali, Sulaweai Tengah. (TribunLutra.com/Chalik Mawardi)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini