News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Didikan Keras Sang Bunda, Ayu Dyah Pasha Terkenang Saat Diminta Ikut Perguruan Karate

Penulis: Lendy Ramadhan
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ayu Dyah Pasha saat ditemui para awak media termasuk Tribunnews di Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (21/12/2018).

Laporan Wartawan Tribunnews, Lendy Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Momen Hari Ibu seperti mengingatkan aktris Ayu Dyah Pasha akan didikan keras sang ibunda.

Ia pun terkenang saat memasukannya ke perguruan bela diri karate.

Hal tersebut dikisahkan dalam jumpa pers di Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (21/12/2018).

Saat itu Ayu Dyah Pasha sempat merasa sang ibunda mendidiknya terlalu keras, pasalnya ibunya tak membedakan dirinya dan empat kakak lelakinya yang memasukannya ke perguruan karate saat masih kecil.

Ayu Dyah Pasha sempat protes kepada ibunda saat dimasukan ke perguruan karate, namun ibunya menjelaskan dengan alasan yang membuatnya patuh.

Baca: Ilmu Abadi Warisan Sang Ibu, Kisah Masa Kecil Titiek Puspa di Zaman Perang Jualan Air si Stasiun

Menurut ibunya, ilmu bela diri karate sangat penting untuk melindungi diri dari kejahatan, khususnya kejahatan jalanan seperti penodongan, djambret, atau plecehan seksual fisik.

"Jadi kalau ibu saya, mendidik saya lebih keras daripada saudara-saudara saya yang lain. Karena kami berlima, empat yang lain laki-laki, saya sendiri perempuan. Dan pada waktu kecil, saya merasa kok kayanya ngga sama yah cara ibu mendidik saya dengan kakak-kakak saya yang laki. Saya juga disuruh belajar karate, terus saya bilang ke ibu saya, bu saya kan perempuan, kenapa saya harus belajar karate? Ngga, itu penting buat kamu. Katanya untuk kamu membela diri kamu saat kamu membutuhkan untuk belajar self-defense," kata Ayu Dyah Pasha.

Akhirnya Ayu Dyah Pasha menjalani perguruan karate hingga tingkat sabuk cokelat.

Walaupun ilmu karate diakuinya belum digunakan sama sekali untuk mempertahankan diri dari aksi kejahatan, perempuan kelahiran Makassar 54 tahun lalu itu mengaku mendapatkan manfaat kesenangan berolahraga dari belajar karate tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini