News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Rilis Lagu Bersama Saykoji, Swerte Ungkapkan Kekecewaan Selama Pandemi Covid-19

Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Musisi hiphop dan rapper Swerte seakan kembali ke kampung halaman setelah melalangbuana di kancah musik internasional bertahun-tahun.

Swerte kembali ke Indonesia dan kemudian merilis single debutnya sebagai penyanyi bertajuk 'Esso', dengan skena musik hiphop yang menjadi awal mula Swerte muncul di industri musik yang diproduseri oleh Mjeezy.

"Setelah saya menjadi member The Recipe, saya siap menggebrak dunia musik lewat lagu saya," kata Swerte kepada Warta Kota, dalam keterangan resminya, Rabu (16/9/2020) pagi.

Musisi yang merupakan keturunan Indonesia dan Swiss itu selama ini berkarier di Dubai, dengan bergabung bersama grup The Recipe.

Selama berada di The Recipe, Swerte juga sempat menjadi opening act dari beberapa artis internasional seperti Snoop Dogg, Rick Ross, Dave East, Koffee, dan masih banyak lagi.

Swerte mengakui, dalam mengawali debutnya ia tak bisa sendiri. Sehingga, musisi yang menjadi pembuka show Dewi Sandra di tahun 1990-an itu, menggandeng musisi dari Arab dan Indonesia, Freek dan Saykoji.

"Karena lirik lagu ini tidak hanya dibawakan dalam satu bahasa saja. Saya memasukan tiga bahasa berbeda, yakni Bahasa Inggris, Indonesia, dan Arab," ucapnya.

Swerte kembali ke Indonesia dan kemudian merilis single debutnya sebagai penyanyi bertajuk 'Esso', dengan genre musik hiphop yang menjadi awal mula Swerte muncul di industri musik yang diproduseri oleh Mjeezy. (istimewa/dok pribadi)

Swerte menegaskan bahwa penggarapan lagu 'Esso' memiliki banyak tantangan karena liriknya berisi tiga bahasa. Ia harus mampu membuat senada setiap katanya menjadi lirik yang baik.

"Karena berbeda ini lah menjadi tantangan baru buat saya. Karena, dari tiga bahasa berbeda ini, bisa jadi satu kesatuan yang luat biasa," jelasnya.

Swerte mengatakan kalau lagu 'Esso' merupakan lagu yang bercerita tentang perasaan masing-masing artis, serta hal-hal yang dialami selama pandemi covid-19.

"Jadi lagu ini berisi tentang protes, kekecewaan, juga rasa syukur tertuang lengkap di dalam lagu ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, Swerte menyakini lagu debutnya layak untuk dinikmati, karena ia memainkan vokalnya dengan autotune, serta membawakan lirik secara cepat, lengkap, dan anthemic drill bit yag kuat.

"Makanya saya anggap lagu 'Esso' lagu yang tepat untuk debut single saya saat ini sesuai dengan kemampuan," ujar Swerte. (Arie Puji Waluyo/ARI).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini