News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gelaran Jogja-Netpac Asian Film Festival Tahun Ini Digelar Secara Online

Penulis: Bayu Indra Permana
Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF 15) tahun ini akan digelar secara online dan menggandeng Klik Film untuk bekerja sama

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Festival film tahunan yakni Jogja-NETPAC Asian Film Festival (JAFF) siap kembali digelar.

Tahun ini, JAFF yang akan dilangsungkan pada 25-29 November 2020 rencananya akan secara daring dan luring.

Perayaan JAFF 15 mengusung tema Kinetik yang merujuk pada gerakan-gerakan yang berasosiasi dengan kekuatan maupun energi.

Hal ini mencerminkan gerak tumbuh JAFF sebagai festival dalam usahanya untuk mempenetrasi gerak sinema Asia Pasifik di tengah keadaan yang terus berubah.

Kedinamisan gerak ini mewakili usaha- usaha para pegiat sinema yang tidak larut dan menyerah terhadap keadaan.

"Di tengah situasi pandemi, Kinetic menggarisbawahi pentingnya merawat gerak sinema Asia demi menggapai kebesarannya," ucap Budi Irawanto selaku presiden JAFF dalam jumpa pers virtual beberapa waktu lalu.

"Masyarakat bersama JAFF 15 dapat terlibat aktif bagi mereka yang paling membutuhkan bantuan di tengah krisis, dengan mengarungi gelombang perubahan oleh pesatnya perkembangan teknologi dan transformasi mendasar dalam ekologi media kontemporer," tambahnya.

Ifa Isfansyah selaku Direktur JAFF 15 mengatakan adanya festival JAFF di tengah pandemi bukanlah sebuah wujud perayaan.

"Festival bukan hanya berarti sebagai perayaan. Tetapi sudah seharusnya menjadi energi di tengah sebuah krisis," tutur Ifa Isfansyah.

"Di era pandemi seperti ini justru JAFF harus diselenggarakan untuk menumbuhkan semangat perfilman Indonesia," jelasnya.

Nantinya gelaram JAFF 15 akan bekerjasama dengan platform streaming Klik Film. Nantinya masyarakat pecinta film bisa menyaksikan deretan film-film yang ikut festival melalui platform tersebut.

"Online JAFF akan bekerjasama dengan Klik Film untuk memutar semua program film, Public Lecture, dan Masterclass yang bisa penonton akses selama 5 hari di Indonesia," ucap Kamila Andini selaku Direktur Artistik JAFF 15.

"Kami harap, dengan adanya inisiasi ini, JAFF dapat menjangkau penonton yang lebih luas dan merata ke seluruh wilayah Indonesia. Selain digelar secara online, tahun ini kami mencoba untuk mendekatkan film-film pilihan pada para penontonnya dengan menayangkan film-film tersebut di 15 kota. Hal tersebut dapat terwujud berkat kolaborasi bersama 15 komunitas film. Upaya ini kami lakukan untuk mengaktifkan komunitas film yang sedikit banyak juga terdampak kondisi pandemi," jelasnya.

Pandemi yang melanda hampir seluruh bagian dunia tidak menyurutkan keterlibatan berbagai negara pada perhelatan JAFF 15.

Tercatat ada 29 negara Asia Pasifik yang berpartisipasi di salah satu festival terbesar di Indonesia ini, antara lain Australia, Cambodia, China, Denmark, Germany, Hongkong, India, Indonesia, Iran, Japan, Kazakhstan, Laos, Lebanon, Malaysia Myanmar, Norwegia, Philippines, Qatar, Serbia, Singapore, Sri Lanka, South Korea, Taiwan, Thailand, Tibet, Turkey, USA, Uzbekistan, Vietnam.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini