News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ratusan Lagu K-Pop Dihapus di Spotify, Label Kakao M Angkat Bicara 

Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Spotify gagal memperbarui perjanjian lisensi global mereka dengan Kakao M.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alivio

TRIBUNNEWS.COM - Kakao M telah mengeluarkan pernyataan sebagai tanggapan atas klaim Spotify tentang berakhirnya perjanjian lisensi global mereka.

Spotify membuat pernyataan yang menjelaskan mengapa ratusan rilis K-pop tiba-tiba menghilang dari platform.

Meskipun telah melakukan upaya terbaik selama satu setengah tahun terakhir, perusahaan tersebut (Spotify) tidak berhasil memperbarui perjanjian lisensi global mereka dengan Kakao M.

Itulah yang menyebabkan penghapusan semua musik yang didistribusikan oleh label besar Korea tersebut (Kakao M), Senin (1/3/2021).

Baca juga: Beberapa Lagu K-Pop Dihapus, Spotify Beri Penjelasan

Namun, di waktu yang sama, Kakao M membalas pernyataannya tersebut.

Kakao M menyatakan bahwa Spotify-lah yang memilih untuk tidak memperbarui perjanjian mereka, bahkan setelah ada permintaan dari pihak Kakao M.

Perusahaan (Kakao M) juga mengklarifikasi bahwa mereka masih dalam proses negosiasi apakah katalognya akan tetap tersedia di Spotify versi Korea Selatan. 

“Tidak terkait dengan perjanjian lisensi global kami yang sudah ada sebelumnya dengan Spotify, Kakao M telah melakukan negosiasi terpisah dengan Spotify mengenai kontrak domestik untuk penyediaan musik,” tulis Kakao M.

“Tidak terkait dengan kontrak domestik, yang masih kami negosiasikan, kami menerima secara terpisah pemberitahuan berakhirnya lisensi kami pada 28 Februari, dan kami meminta perpanjangan kontrak global kami yang ada,” tulisnya kembali.

Kontrak global bersama Spotify sudah habis, untuk itu Kakao M ingin melanjutkan negosiasi tentang pasokan musik domestik dengan Spotify.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini