News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

10 Tahun Mangkrak, Sang Sutradara Sebut Serial "Squid Game" Sempat Hampir Batal Produksi

Penulis: M Alivio Mubarak Junior
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Foto Poster Squid Games. (via Instagram/Netflix Korea)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Mohammad Alivio

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di balik kepopulerannya, sang sutradara Hwang Dong-hyuk mengatakan serial drama Netflix, Squid Game hampir batal produksi karena mendapat penolakan dari beberapa pihak.

Hwang Dong-hyuk mengaku menghadapi banyak persoalan ketika mengerjakan drama yang berjumlah 9 episode itu. Beberapa di antaranya, mendapat penolakan dari calon pemain dan calon investor.

"Kami mendengar mereka berkata serial ini terlalu aneh dan tidak realistis. Kami ditolak semua calon investor dan aktor," kata Hwang Dong-hyuk dikutip Tribunnews dari Insight Korea, Minggu (3/10/2021).

Kendati demikian, Hwang Dong-hyuk mengaku tak patah semangat meskipun butuh waktu 10 tahun untuk membuahkan hasil manis.

Sejak kemunculan layanan platform media OTT (over-the-top) seperti Netflix, tren serial dan pola konsumsi penonton berubah. Beberapa serial dengan adegan kekerasan pun berhasil laku di pasaran.

Baca juga: Belum 24 Jam Bintang Squid Game Lee Jung Jae Bikin Akun Instagram, Followers Capai 900 Ribu Lebih

Tak hanya itu, Dong-hyuk juga memandang jalan cerita Squid Game sesuai dengan kondisi di masyarakat saat ini. 

Drama Squid Game. (soompi.com)

Satu di antaranya, persoalan kesenjangan sosial yang juga menjadi bagian utama dalam serial Squid Game.

"Setelah ditolak setiap investor, saya berpikir bahwa waktunya belum pas. Namun, 10 tahun kemudian, OTT muncul dan kesenjangan antara si kaya dan si miskin semakin besar," ungkap Hwang Dong-hyuk.

"Ide sukses dengan uang cepat juga menjadi lebih ideal. Perpaduan keduanya dan sinergi yang tercipta antara keduanya membuat produksi ini menjadi hidup," imbuhnya kembali.

Untuk diketahui, Squid Game menceritakan perjuangan hidup ratusan orang yang terlilit utang yang kemudian ditawari untuk bermain game tersebut dengan pemenang akan mendapat hadiah 45,6 miliar won.

Baca juga: Perbandingan Tiga Karakter Perempuan di Squid Game, Ada Sae Byeok, Mi Nyeo, dan Ji Young

Squid Game diawali dengan kehidupan Ki-hoon (Lee Jung-jae) yang terlihat begitu menyedihkan. 

Ia masih tinggal bersama ibunya, seorang pedagang di pasar. Ki-hoon kehilangan pekerjaan sehingga sering meminta uang dari ibunya. Ia juga telah bercerai dari istrinya, dan putri satu-satunya tinggal bersama istri dan suami barunya. Ki-hoon pun tengah terjerat utang begitu besar.

Selain itu, diberitakan sebelumnya, serial Squid Game juga sempat dituding plagiat dari film asal Jepang, As The Gods Will.

Alur cerita dari kedua tayangan tersebut melibatkan pertandingan hidup dan mati yang menggunakan permainan masa kecil, serta disebut ada kesamaan dalam filmografi. Seperti bidikan close-up kepala boneka raksasa dan adegan jam hitung mundur.

Menanggapi ini, sang sutradara, Hwang Dong-hyuk membenarkan adanya kemiripan. Tapi ia membantah jika dirinya disebut plagiat.

Pasalnya, film As The Gods Will dibuat pada 2010. Sedangkan ide awal Squid Game, datang kepadanya setelah membaca banyak manga tentang genre survival dan membuat naskahnya sejak 2008 hingga 2009.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini