News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Film Sepeda Presiden, Garin Nugroho Napak Tilas 40 Tahun Silam Berkarya di Papua

Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Film Sepeda Presiden, Garin Nugroho Napak Tilas 40 Tahun Silam Berkarya di Papua

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Arie Puji Waluyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Film Sepeda Presiden adalah momentum bagi sutradara Garin Nugroho, merayakan 40 tahun berkaryanya di industri perfilman Indonesia.

Karena film Sepeda Presiden menjadi karya yang sangat personal, Garin Nugroho bersama rumah produksi Rapeda Studio merilis poster resminya dalam acara Bali Internasional Film Festival (Balinale), yang sudsh digelar di XXI Park 23, Kuta, Bali, Minggu (14/11/2021).

Garin mengatakan, film Sepeda Presiden berlatar Papua.

Baca juga: Poster Film Sepeda Presiden Dirilis Bertepatan dengan 40 Tahun Garin Nugroho Berkarya

Baca juga: Hadiri Pembukaan FFI 2021, Mahfud MD Ngobrol Soal Film dengan Garin Nugroho dan Reza Rahardian

Hal tersebut menjadi napak tilas kariernya yang 40 tahun lalu, mengawali karyanya di tanah surga dunia tersebut.

"Film Sepeda Presiden dikemas menjadi sebuah film keluarga yang mengajak kita bernyanyi dan bergembira bersama," kata Garin Nugroho.

"Kami juga mendedikasikan film Sepeda Presiden terhadap film anak-anak di Indonesia," sambungnya.

Para cast dan kru sat Konferensi Pers Jelang Syuting Film Bertajuk Sepeda Presiden, di Djakarta Theater XXI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (28/9/2021). (Tribunnews.com/ Alivio)

Meskipun sudah berkali-kali Garin mengunjungi Papua, kecintaan dan kekagumannya akan keindahan tanah Papua tak pernah berkurang sedikitpun.

Baginya, Papua adalah sebuah sumber spirit, sumber talenta akting, tari dan nyanyi, serta kegembiraan.

"Film ini adalah representasi dari kisah mimpi dan harapan anak-anak Indonesia," ungkapnya.

Didepan tamu undangan, Garin juga menceritakan film Sepeda Presiden mengangkat cerita tentang impian kebanyakan anak-anak Indonesia, untuk bisa memiliki kebahagiaan yang sama dimiliki oleh saudara-saudara yang lainnya yang memiliki kelimpahan informasi dan segala kemudahan yang dinikmati oleh anak-anak metropolitan.

"Film ini juga mampu menjadi film tentang literasi, baik digital atau informasi," katanya.

Sutradara film 'Sepeda Presiden', Garin Nugroho (tengah) bersama Produser film 'Sepeda Presiden', Avesina Soebli (kiri), dan bintang film 'Sepeda Presiden', Ariel Tatum (kanan) saat konferensi pers jelang syuting film 'Sepeda Presiden', di Jakarta, Selasa (28/9/2021). Film 'Sepeda Presiden' yang diproduksi oleh Radepa Studio mengangkat cerita tentang impian kebanyakan anak-anak Indonesia untuk bisa memiliki kebahagiaan yang sama dimiliki oleh saudara-saudara lainnya yang memiliki kelimpahan informasi dan segala kemudahan yang dinikmati oleh anak-anak metropolitan dengan mengambil lokasi syuting di Raja Ampat, Papua. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Garin menambahkan, dalam film yang dibintangi Ariel Tatum, Sita Nursanti, Joanita Idol, dan lain-lain, ia memasukan nuansa kebahagiaan dalam film Sepeda Presiden.

"Lewaf 15 lagu yang menghiasi film ini dalam warna tradisi papua, pop kreatif dan RAP," ucapnya.

Garin juga melibatkan tiga anak Papua menjadi tokoh sentral dalam film tersebut, yakni Arnold Asmuruf, Franken Ramandei, Elias Pandawa.

Untuk produksi lagu, Radepa Studio bekerjasama dengan RPM, yang juga telah merilis OST Risau yang
dinyanyikan Ariel Tatum, pada 29 Oktober 2021.

"Sama seperti mas Garin katakan, kami ingin menampilkan kebahagiaan dalam film Sepeda Presiden," ungkap Ariel Tatum di acara Balinale.

Selama 40 tahun menjadi sineas, segudang prestasi diraih Garin Nugroho selama ini, baik Piala Citra Festival Film Indonesia, dalam film bertajuk Cinta Dalam Sepotong Roti tahun 1990.

Tak hanya itu saja, penghargaan internasional juga diraih Garin, seperti penghargaan yang didapat dari pemerintah Perancis 'The Chevalier dans L’ordre des arts et letters', penghargaan tertinggi dari pemerintah Italia Stella D”Italia Caveliere', Lifetime Achievement Award Bangkok International Film Festival, dan Honorary Award Singapura International Film Festival.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini