News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tanggapan Afgan Soal Aturan Baru Konser di Jakarta 

Penulis: Fauzi Nur Alamsyah
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Afgansyah Reza saat ditemui di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu, (12/11/2022).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fauzi Alamsyah 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyanyi Afgan ikut berkomentar terkait aturan baru yang dikeluarkan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi (Disparekraf) DKI Jakarta terkait aturan baru konser di Jakarta. 

Diketahui jika Disparekraf DKI Jakarta mengeluarkan aturan baru soal konser di Jakarta. 

Hal itu untuk mencegah terjadinya kerumunan yang menyebabkan berdesak-desakan bahkan pingsan.

Kapasitas penonton sendiri hanya 70 persen dan dibatasi sampai pukul 12 malam. 

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) No e-1963/PW.01.02 Tahun 2022 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 1 Corona Virus Disease 2019 pada Sektor Usaha Pariwisata. 

Baca juga: Aldiv hingga Afgan Akan Tampil di Artikulasi Festival

Menurut pemilik nama lengkap Afgansyah Reza ini peraturan baru tersebut bahkan akan berdampak untuk mendapatkan perizinan menggelar acara. 

"Sekarang diturunin kan kapasitasnya jadi cuma 70 persen, jadi ada sedikit nggak jelas juga, sudah dapet perizinan," kata Afgan saat ditemui di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu, (12/11/2022). 

Peraturan baru tersebut dipertegas buntut adanya konser yang memakan banyaknya korban pingsan beberapa waktu lalu karena melebihi kapasitas penonton.

Kemudian, Afgan mengimbau para penyelenggara untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku selama mengadakan acara konser. Terutama terkait jumlah kapasitas penonton yang hadir. 

"Aku pengen bilang bahwa kepada penyelenggara festival, mungkin yang baru pertama kali, yang belum lama harus bisa lebih mematuhi aja, kapasitasnya berapa, harus dipatuhi," tutur Afgan.

"Jangan sampai over capacity dan dipaksakan sampai korban berjatuhan juga, harus dipentingkan juga safety buat yang menonton," sambungnya. 

Selain itu, Afgan turut mengingatkan kepada para penikmat musik untuk tetap mematuhi peraturan yang berlaku selama acara dimulai untuk menghindari hal buruk terjadi. 

"Aku sebenarnya pengen banget ngomong ini, kayanya lebih ke kita harus sadar diri semuanya karena kita semua kangen sama pertunjukan musik, pasti ada rasa kangen, tapi jangan sampai lepas kendali," ujar Afgan. 

"Inget juga sama sekeliling kita jangan sampai merugikan orang lain, tetap tertib," sambungnya. 

Pelantun lagu Sadis itu berharap para pecinta musik bisa lebih peduli satu sama lain untuk terus membangkitkan industri musik Tanah Air. 

"Untuk para pecinta musik, harus sama-sama peduli satu sama lain," pungkasnya.


 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini