News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hollywood

SEC Seret Lindsay Lohan hingga Jake Paul Terkait Dugaan Pelanggaran Hukum Berkedok Investasi Kripto

Penulis: Bobby W
Editor: bunga pradipta p
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Lindsay lohan hingga Jake Paul terseret kasus penipuan kripto

TRIBUNNEWS.COM - Kabar kurang mengenakkan bagi sejumlah artis seperti Lindsay Lohan, Jake Paul, Ne-Yo, dan rapper Lil Yachty beberapa hari belakangan ini.

Nama-nama artis dan seleb Hollywood tersebut termasuk dalam delapan nama yang dikenakan dakwaan oleh Securities and Exchange Commission (SEC) karena melanggar hukum sekuritas dalam mempromosikan mata uang kripto.

Dikutip dari Variety, SEC pada hari Rabu (22/3/2023) mengungkapkan bahwa dakwaan telah diajukan terhadap delapan selebriti terkait dengan investigasi lebih luas terhadap pengusaha kripto Justin Sun dan tiga perusahaannya.

Adapun tiga perusahaan yang dimaksud adalah: Tron Foundation Limited, BitTorrent Foundation Ltd dan Rainberry Inc.

Ketiga perusahaan itu memasarkan dua sekuritas aset kripto dengan merek Tronix (TRX) dan BitTorrent (BTT).

Delapan nama artis terkenal tersebut didakwa karena secara ilegal mempromosikan TRX dan / atau BTT tanpa mengungkapkan bahwa mereka diberi kompensasi untuk melakukannya dan jumlah kompensasinya,

Baca juga: Taiwan Siapkan Rencana Cadangan Jika Negaranya Diserang China Saat Presiden di Luar Negeri

Menurut SEC, daftar tersebut juga mencakup rapper Soulja Boy, penyanyi Austin Mahone dan Akon, dan bintang film dewasa Kendra Lust.

Semua nama yang disebutkan terkecuali Austin Mahone dan Soulja Boy, disebut telah mencapai kesepakatan yang melibatkan uang lebih dari 400 ribu dollar dalam restitusi, bunga, dan denda untuk menyelesaikan dakwaan tersebut, tanpa mengakui atau menyangkal temuan SEC.

"Kasus ini sekali lagi menunjukkan risiko tinggi yang dihadapi investor ketika sekuritas aset kripto ditawarkan dan dijual tanpa pengungkapan yang tepat," kata ketua SEC Gary Gensler.

"Seperti yang diduga, Sun dan perusahaannya tidak hanya menargetkan investor AS dalam penawaran dan penjualan mereka yang tidak terdaftar," lanjut Gary

"Mereka menghasilkan jutaan dalam pendapatan ilegal dengan biaya investor, tetapi mereka juga melakukan perdagangan pencucian di platform perdagangan yang tidak terdaftar untuk menciptakan penampilan perdagangan aktif dalam TRX yang menyesatkan."

Baca juga: Ekspansi ke Brasil, Coinbase Jalin Kerjasama dengan Jasa e-Payment Ebanx dan Pix

"Sun lebih jauh mempengaruhi investor untuk membeli TRX dan BTT dengan mengatur kampanye promosi di mana dia dan promotor selebritinya menyembunyikan fakta bahwa selebriti tersebut dibayar untuk tweet mereka," pungkas Gary dalam keterangannya

Pengaduan SEC, yang diajukan di pengadilan federal Distrik Selatan New York, menuduh Sun menginstruksikan delapan selebriti untuk tidak mengungkapkan bahwa mereka dibayar untuk mempromosikan aset TRX dan BTT di platform media sosial.

Wakil dari Lohan mengatakan bahwa aktris yang dikenal lewat film Mean Girls tersebut tidak menyadari kewajiban pengungkapan apa pun.

"Lindsay dihubungi pada Maret 2022 dan tidak menyadari persyaratan pengungkapan. Dia setuju untuk membayar denda untuk menyelesaikan masalah ini," kata juru bicara pihak Lindsay Lohan, Leslie Sloane.

(Tribunnews.com/Bobby Wiratama)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini