News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

Cerita Ronal Surapradja Terima Tawaran Maju di Pilkada Jawa Barat Saat Manggung, Setelahnya Menangis

Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ronal Surapradja menceritakan detik-detik saat dipilih menjadi Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Barat, dalam Pilkada Serentak 2024 di redaksi Tribunnews.com Network.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komedian dan presenter Ronal Surapradja menjadi perbincangan publik, setelah namanya muncul menjadi Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Jawa Barat, dalam Pilkada Serentak 2024.

Ronal Surapradja yang mendaftarkan diri menjadi Cawagub Jawa Barat pun mendampingi Jeje Wiradinata yang maju jadi Cagub Jawa Barat dari PDIP.

Baca juga: Tak Ingin Main-main Kembali Terjun ke Politik, Ronal Surapradja Pamit dari Dunia Hiburan Tanah Air

Ronal Surapradja dan Jeje Wiradinata akan bersaing melawan pasangan Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan, Ahmad Syaikhu dan Ilham Habibie, Acep Adang Ruhiyat dan Gitalis Dwi Natarina alias Gita KDI.

Ronal Surapradja buka suara terkait pencalonannya, ia membenarkan kabar kalau dirinya memutuskan untuk maju di Pilkada Jawa Barat, dengan keputusan waktu yang sangat singkat.

Ronal Surapradja menceritakan detik-detik sebelum ditutupnya pendaftaran.

Baca juga: Maju di Pilgub Jawa Barat, Ronal Surapradja: Caranya Mengagetkan

Ronal kala itu sedang manggung di acara Tribute To Oasis, mendapatkan telepon dari Ono Surono yang menawarkan dirinya maju jadi Cawagub Jawa Barat.

"Setelah diberikan waktu 30 menit, setelah saya diskusi sama beberapa orang yang saya percaya, saya terima tawaran mendampingi pa Jeje Wiradinata," kata Ronal Surapradja .

Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, Jeje Wiradinata - Ronal Surapradja memberi sambutan lewat video streaming seusai partai pengusungnya mendaftarkan di KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung, Kamis (29/8/2024). Pasangan Jeje Wiradinata - Ronal Surapradja yang tidak hadir di KPU Jawa Barat telah resmi didaftarkan PDIP di KPU Jawa Barat sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) 2024. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

"Karena saran dari orang yang saya percaya, mereka meminta saya ambil tawaran itu," sambungnya.

Ronal mengaku mulanya ia didapuk PDIP untuk maju menjadi Calon Walikota Bandung. Hanya saja surat rekomendasinya tak kunjung turun, ia mencabut berkas di partai 4 hari sebelum mendaftarkan diri di Pilkada Gubernur Jawa Barat.

Pemain sitkom Extravaganza ini pun berusaha menikmati waktu senggangnya dengan santai dan menikmati makanan enak. Namun, pada Kamis (29/8/2024) malam, kehidupannya langsung berubah usai didaftarkan jadi Cawagub Jawa Barat dalam Pilkada 2024.

"Gak disangka ya, tapi ya nama saya sudah ada di internal partai. Kalau di Jakarta mengusung kader, Jawa tengah mengusung kader, gak aneh di Jawa Barat kader juga," ucapnya.

"Cuma dari banyak kader kenapa saya ya? Kaget juga," tambahnya.

Ronal membocorkan bahwa dirinya menangis ketika sampai di rumah, usai mendaftarkan diri jadi Cawagub Jawa Barat secara online. Rasa sedihnya itu karena ia takut akan tanggung jawab yang lebih besar lagi.

"Setelah pendaftaran zoom meeting, saya di mobil sampai rumah, saya menangis 30 menit gak berhenti. Ya Allah ini apa, saya takut. Ya Allah ini amanah yang berat banget, niatnya kota kok eh jadi provinsi," jelasnya.

"Saya takut sebenarnya ya, takut. Gini keyakinan saya, salah satu yang dihisab adalah pemimpin, takut saya. Jadi pemimpin warganya gak bisa makan dihisab," sambungnya.

Namun, Ronal Surapradja mencoba berpikir positif demi menguatkan diri, bahwa pencalonannya menjadi Cawagub Jawa Barat agar bisa menjadikan dirinya lebih bermanfaat lagi.

"Ya saya mikir positif, gak mungkin gak dibantu Allah. Saya cuma bisa turun ke rakyat kok," ujar Ronal Surapradja. (Wartakota/ARI)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini