News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Industri Komik Indonesia Raih Pendanaan Terbesar

Penulis: M Alivio Mubarak Junior
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Konferensi pers Kisai Entertainment di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Alivio Mubarak Junior

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kisai Entertainment, perusahaan produksi webtoon (komik digital) Indonesia, mengumumkan telah menerima pendanaan sebesar 1 juta dolar AS pada kuartal IV-2024. 

Pendanaan ini berasal dari dua investor strategis, yakni Sorajima, perusahaan webtoon Jepang, dan PT Anjary Jaya Raya, perusahaan kreatif lokal.

Founder & CEO Kisai, Tessa Yadawaputri, menyatakan investasi ini menjadi tonggak sejarah bagi industri komik Indonesia dan merupakan pendanaan terbesar yang pernah diterima oleh perusahaan komik di tanah air. 

Baca juga: Shikisai: Pesta Komik dan Cosplay Digelar di Gramedia World BSD

"Langkah ini dapat menjadi platform yang solid bagi perkembangan industri komik nasional secara keseluruhan," kata Tessa di kawasan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2024).

Tessa berharap investasi ini dapat mendorong perkembangan ekosistem komik nasional dan memperkuat posisi di pasar Asia Tenggara.

Kisai, yang sudah tujuh tahun beroperasi, telah memproduksi lebih dari 70 judul webtoon dengan melibatkan 300 talenta kreatif. 

Dukungan finansial ini akan digunakan untuk memperluas jangkauan produksi dan mengembangkan karya webtoon orisinal ke pasar global, dengan visi menjadi menjadi yang terbesar di Asia Tenggara.

Co-CEO Sorajima, Kojuro Hagihara, mengungkapkan antusiasmenya terhadap kolaborasi ini, meyakini bahwa kemitraan tersebut akan menarik audiens baru dan mendukung pertumbuhan Kisai di Indonesia dan Asia Tenggara. 

"Kami sangat antusias untuk berkolaborasi bersama Kisai Entertainment dan talenta berbakat di Indonesia serta Asia Tenggara. Kami yakin akan ASEAN POWER!"

Pada kesempatan sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyatakan bahwa kemitraan ini akan mendorong potensi komikus lokal serta memberi kontribusi signifikan bagi ekonomi kreatif nasional. 

"Pendanaan ini tidak hanya akan memungkinkan pihaknya untuk mengakselerasi pertumbuhan bisnis, namun juga membuka peluang kolaborasi yang menarik dengan kedua partner strategis tersebut," ujarnya.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini