News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Informatika Kelas 11 Halaman 93 94 Kurikulum Merdeka Bab 2: Aktivitas PLB

Penulis: Rinanda DwiYuliawati
Editor: Febri Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Berikut ini kunci jawaban Informatika Kelas 11 Halaman 93 94 Kurikulum Merdeka Bab 2: Aktivitas PLB.

TRIBUNNEWS.COM - Simak kunci jawaban Informatika kelas 11 halaman 93 dan 94 Kurikulum Merdeka dalam artikel berikut ini.

Mata pelajaran Informatika kali ini membahas Bab 2:  Strategi Algoritmik dan Pemrograman. 

Kunci jawaban Informatika Kelas 11 Kurikulum Merdeka dalam artikel ini bisa menjadi referensi atau panduan siswa dalam belajar.  

Kunci jawaban Informatika Kelas 11 Halaman 93 94

Buku Informatika Kelas 11 Halaman 93 94 Kurikulum Merdeka

Baca juga: Kunci Jawaban Pendidikan Pancasila Kelas 12 Halaman 76 Kurikulum Merdeka Bab 3: Aktivitas 3.2

Bab 2 Tentang Informatika Strategi Algoritmik dan Pemrograman :  Merancang Algoritma 
Penyelesaian Masalah Knapsack

1. Untuk permasalahan rational knapsack, tentukan apakah  strategi greedy ataukah dynamic programming yang sesuai  untuk diterapkan? Jelaskan pada laporan analisis kamu,  bagaimana strategi greedy atau dynamic programming  dapat diterapkan pada permasalahan rational knapsack!

2. Untuk permasalahan 0−1 knapsack, tentukan apakah  strategi greedy ataukah dynamic programming yang sesuai  untuk diterapkan?

3. Tuliskan dalam notasi pseudocode algoritma yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan rational knapsack meng gunakan strategi yang Anda pilih pada bagian nomor 1!

4. [Opsional] Tuliskan dalam notasi pseudocode algoritma yang  sesuai untuk menyelesaikan permasalahan 0-1 knapsack menggunakan strategi yang Anda pilih pada bagian nomor 2!

Kunci Jawaban

Untuk menyelesaikan permasalahan rational knapsack, dapat digunakan algoritma dengan strategi greedy sebagai berikut:

1.Urutkan barang berdasarkan rasio antara nilai dan bobot barang (secara  menurun)

2.Inisialisasi total_bobot = 0

3.Inisialisasi total_nilai = 0

4.Mulai dari barang pertama (sesuai urutan pada langkah 1), kita melakukan hal sebagai berikut:

 a. Jika total_bobot + bobot sekarang <= kapasitas
 i. Total_bobot = total_bobot + bobot sekarang
 ii. Total_nilai = total_nilai + nilai sekarang

b.  Selainnya:
 i. Hitung sisa kapasitas = kapasitas - total_bobot
 ii. Hitung nilai rasio = sisa/bobot sekarang
iii. Total_nilai = total_nilai + rasio * nilai sekarang

5. Tampilkan total_nilai
Untuk 0-1 knapsack, strategi greedy tidak lagi dapat digunakan  untuk menyelesaikannya. Hal ini karena pada 0 - 1 knapsack, kita harus mengambil barang secara penuh, dan tidak boleh secara parsial.

Sehingga,  urutan barang berdasarkan rasio nilai/bobot tidak selalu relevan untuk  menentukan barang berikutnya yang harus dipilih.

Dalam hal ini, strategi  yang lebih sesuai untuk digunakan misalnya adalah menggunakan  pemrograman dinamis.

Disclaimer:

  • Kunci jawaban Informatika di atas hanya digunakan oleh orang tua atau wali untuk memandu proses belajar anak.
  • Sebelum melihat kunci jawaban, pastikan anak mengerjakan sendiri terlebih dahulu.

(Tribunnews.com/Rinanda) 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini