News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

International Tour de Singkarak

Kemenparekraf Dukung Penyelenggaraan International Tour de Singkarak

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Widiyabuana Slay
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Peserta Tour de Singkarak 2011

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan kejuaraan balap sepeda International Tour de Singkarak (TDS) 2013.

Sejumlah 220 pebalap sepeda dari 18 negara akan berpartisipasi di kejuaraan balap sepeda TDS. TDS akan diselenggarakan di Provinsi Sumatera Barat pada 2-9 Juni mendatang.

Mari Elka Pangestu, Manparekraf mengatakan TDS merupakan salah satu event yang memadukan promosi pariwisata dan olahraga prestasi.

"TDS meningkatkan daya tarik daerah Sumatera Barat sebagai salah satu destinasi tujuan wisata di Indonesia," ujar Mari ditemui di peluncuran Tour de Singkarak 2013 di Silang Monas Selatan (IKADA), Monas, Jakarta, pada Minggu (12/5/2013).

Penyelenggaraan Tour de Singkarak berdampak langsung terhadap Provinsi Sumatera Barat sebagai salah satu destinasi di Indonesia. Tercatat 17 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat akan dilintasi oleh para pebalap.

Pebalap akan disajikan pesona budaya serta keindahan alam ranah Minang. TDS direncanakan akan dilangsungkan di Bukittinggi pada 2 Juni mendatang.

"Diperkirakan wisatawan akan naik 10 persen. Saya berharap panitia penyelenggara konsisten menyelenggarakan Tur de Singkarak," katanya.

Tour de Singkarak 2013 sudah memasuki penyelenggaraan tahun kelima dan telah sukses diselenggarakan pada 4 tahun sebelumnya. TDS menjadi agenda resmi tahunan federasi balap sepeda internasional (UCI).

Di dalam menyelenggarakan TDS, panitia penyelenggara bekerja sama dengan ASO (event organizer Tour de France) sejak tahun 2011. Kerjasama dengan penyelenggara Tour de France membuat panitia TDS mendapatkan pengetahuan teknis dan non teknis di dalam melakukan penyelenggaraan suatu event balap sepeda.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini