News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Indonesia Open 2013

Markis/Pia Siap Bikin Kejutan

Penulis: Deodatus Pradipto
Editor: Ravianto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadeth

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ganda campuran andalan Indonesia, Markis Kido/Pia Zebadiah siap untuk mengalahkan unggulan pertama asal Cina, Xu Chen/Ma Jin di babak kedua Djarum Indonesia Open Super Series Premier (DIOSSP) 2013 hari ini (12/6).

Pasangan Kido/Pia melangkah ke babak kedua setelah menekuk ganda campuran Korea Selatan, Ko Sung Hyun/Kim Ha Na, dengan skor 21-18 dan 21-13, kemarin (11/6). Ganda campuran kakak beradik ini sempat mendapat perlawanan yang sengit di gim pertama. Beberapa kali kesalahan dilakukan oleh mereka sendiri. Namun mereka beruntung dapat menutupnya dengan manis 21-18.

Belajar dari gim pertama, permainan Kido/Pia semakin membaik di gim kedua. Mereka mampu unggul jauh hingga 14-7. Tak tinggal diam, Ko/Kim sempat mengejar ketertinggalan 15-11 sebelum ditutup dengan skor 21-13 oleh Kido/Pia. 

"Tadi pada set pertama kami tidak mengawali pertandingan secara baik, kami baru mulai merasa enak ketika pertengahan. Kunci kemenangan kami adalah Pia yang di depan bisa menang melawan Kim Ha Na," ujar Kido kepada Tribunnews.com.

Calon lawan mereka, Xu Chen/Ma Jin melangkah ke babak kedua setelah mengakhiri perlawanan ganda campuran Indonesia, Irfan Fadhilah/Weni Anggraini, 21-10 dan 21-15.

Kendati mengakui lawannya hari ini sangat berat, namun ganda campuran unggulan kesembilan ini mengaku sudah punya resep untuk bisa berjaya. "Besok (hari ini, red) lawannya berat. Tapi kita tidak mau menyerah begitu saja. Kita akan berusaha sekuat tenaga untuk mengalahkan mereka," kata Kido menyambung.

Hal lain yang harus diperhatikan, katanya, adalah harus bermain lebih tenang, dan tak terbawa emosi. "Kita harus lebih sabar, pertahanan mereka sangat kuat. Sekarang saya belum tahu kelemahan mereka. Tapi kita harus menekan Chen Xu karena Jin Ma sangat kuat," tutur Kido lagi. 

Rekannya, Pia mengungkapkan bahwa peringkat dunia atau unggulan dalam sebuah turnamen bukan menjadi patokan yang membuat mereka gentar. "Yang jelas kondisi fisik kami harus diperhatikan. Kami akan bermain lepas dan tanpa beban," ujar Pia.
Keduanya pernah berhadapan sekali sewaktu di Perancis Terbuka. Ketika itu Kido/Pia dikalahkan Xu Chen/Ma Jin dengan dua set langsung 21-18 21-16.

Di pihak lain, Chen Xu/Jin Ma mengaku tidak memiliki persiapan khusus melawan unggulan kesembilan asal Indonesia tersebut. Chen Xu/ Jin Ma bahkan tidak mengetahui siapa lawan yang akan mereka hadapi pada babak 16 besar. "Kami belum tahu siapa lawan yang akan kami hadapi berikutnya. Persiapan kami pun biasa-biasa saja. Tidak ada persiapan khusus, hanya melakukan yang terbaik," kata Jin Ma. 

Sampai kemarin sore, tercatat tiga wakil Indonesia di nomor ganda campuran tersingkir di babak pertama. Selain pasangan gandacampuran Irfan Fadhilah/Weni Anggraini yang ditekuk Xu Chen/Ma Jin, nasib serupa juga dialami Gideon Markus Fernaldi/Aprilsasi Putri Lejarsar Variella yang sudah harus bertemu unggulan ketiga, Zhang Nan/Zhao Yunlei. Hasilnya, hanya dalam waktu 23 menit mereka kalah 7-21 16-21.

Pasangan ganda campuran lain yang juga langsung terdepak adalah Praveen Jordan/Vita Marissa. Menghadapi pasangan India Tarun Kona/Ashwini Ponnappa, mereka kalah dalam laga tiga set 18-21 21-14 23-25.

Wakil Indonesia yang juga terhenti di babak pertama adalah Hana Ramadhini di nomor tunggal putri. Ia harus mengakui keunggulan lawannya, Bae Yeon Ju dari Korea Selatan, dan kalah 18-21 10-21. (Tribunnews/deo/gle)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini