News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Asian Games 2014

Rexy Mainaky Optimistis Bulutangkis Capai Target Dua Emas

Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rexy Mainaky.

TRIBUNNEWS.COM, INCHEON - Meskipun tim bulutangkis Indonesia belum berhasil memenuhi target di nomor beregu Asian Games 2014, namun Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Rexy Mainaky tetap optimis timnya mampu mencapai target dua medali emas di nomor perorangan.

Tim beregu putra yang ditargetkan untuk mencapai babak final, harus terhenti di perempat final. Begitu juga dengan tim putri yang dikalahkan Jepang.

“Target di beregu memang belum tercapai, namun para pemain dan pelatih telah melakukan evaluasi agar tampil lebih baik lagi di nomor perorangan. Saya optimis target dua medali emas bisa tercapai,” ujar Rexy kepada Badmintonindonesia.org.

Dua emas diharapkan datang dari nomor ganda putra lewat pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan serta pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Kedua pasangan Juara Dunia 2013 ini memang menjadi andalan tim Merah-Putih di panggung bulutangkis dunia.

Jika melihat hasil undian, Tontowi/Liliyana diperkirakan belum menemukan lawan berat hingga babak perempat final. Di babak delapan besar, pasangan rangking empat dunia ini kemungkinan akan bertemu dengan unggulan delapan, Maneepong Jongjit/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) atau Shin Baek Cheol/Chang Ye Na (Korea).

Sementara itu Hendra/Ahsan yang dijagokan di tempat kedua, juga bakal berjumpa lawan yang cukup berbahaya di babak delapan besar. Hendra/Ahsan tentunya tak akan melupakan laga semifinal Piala Thomas dimana mereka dikalahkan ganda Malaysia, Tan Boon Heong/Hoon Thien How. Kedua pasangan ini berpeluang untuk kembali bertemu di babak perempat final. Dengan catatan Tan/Hoon bisa menghentikan perlawanan unggulan keenam asal Tiongkok, Liu Xiaolong/Qiu Zihan.

“Peluang Tontowi/Liliyana dan Hendra/Ahsan cukup terbuka, apalagi mereka sudah sering bertemu dengan lawan-lawan mereka di turnamen-turnamen sebelumnya dan pasti sudah mengerti dimana kelebihan dan kekurangan lawan,” jelas Rexy.

Sementara di tunggal putra, Tommy Sugiarto juga ditargetkan untuk membawa pulang medali perunggu. Pemain rangking lima dunia ini juga akan bertemu lawan yang cukup berbahaya di babak ketiga yaitu Wei Nan (Hong Kong). Ia juga berpeluang untuk kembali berduel dengan Chou Tien Chen, pemain Taiwan yang mengalahkannya di nomor beregu.

Dalam laga kontra Chou Tien, Tommy mengaku ada permasalahan non teknis yang secara psikologis mempengaruhi penampilannya di lapangan.

“Kami masih belum mengerti faktor non teknis apa yang mengganggu penampilan Tommy di pertandingan beregu,” ujar Rexy berkomentar.

“Kami berharap Tommy bisa tampil all out di nomor perorangan dan bisa mencapai target yang ditetapkan oleh PBSI,” imbuh peraih medali emas ganda putra di Asian Games 1994 dan 1998 bersama Ricky Soebagdja ini.

Cabang olahraga bulutangkis perorangan Asian Games 2014 akan mulai dimainkan di Gyeyang Gymnasium pada Rabu (24/9) mulai pukul 09.00 waktu Incheon

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini