News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Eko Waluyo: Beban Mental Ganggu Pola Permainan

Penulis: Celestinus Trias Handoyo Putro
Editor: Dewi Pratiwi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelatih tim voli putri Manokwari Valeria Papua Barat, Eko Waluyo.

Laporan Wartawan Harian Super Ball, Celestinus Trias HP dari Probolinggo

TRIBUNNEWS.COM,PROBOLINGGO - Mengalami kekalahan tiga set langsung (3-0) saat melawan tim putri Jakarta Electric PLN, dalam pertandingan putaran penyisihan voli putri Proliga, di GOR Mastrip, kota Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (14/3/2015), pelatih tim putri Jakarta Bank DKI, Eko Waluyo, menilai bahwa beban mental yang dialami anak asuhnya sangat memengaruhi dan menganggu pola permainan.

"Seharusnya kami dan anak-anak mampu memberikan perlawanan, karena mainnya juga nggak terlalu buruk. Tapi nggak tahu kenapa, bola yang seharusnya bisa diperoleh malah lepas. Saya sih lihat mental anak-anak jadi mulai sedikit-sedikit drop di lapangan," kata Eko, usai pertandingan kepada Harian Super Ball.

Di awal set pertama, tim putri Jakarta Bank DKI sempat ketinggalan lima hingga enam poin, namun perlahan mulai menyusul. Hanya saja, saat mulai mampu mengetatkan perolehan poin, pemain-pemain Jakarta Bank DKI mulai tampak kehilangan kepercayaan untuk bisa menekan tim lawan.

Eko juga tak menampik ketika ia mulai melihat gelagat anak didiknya sudah tampak kurang kompak. Mulai dari penerimaan (receive), umpan, hingga blocking. "Saya sih memang agak membiarkan, karena saya yakin anak-anak melihat hal yang sama. Dan, ternyata benar. Baru, saya minta anak-anak untuk bermain layaknya tim, yaitu tetap memantapkan kerjasama dan menjalin komunikasi," kata Eko.

Namun, di balik kekalahan pada pertandingan tersebut, Eko merasa bahwa anak didiknya masih bisa main baik di tiga pertandingan selanjutnya. "Kalau sudah mental drop pasti akan memengaruhi permainan. Tapi, nanti akan baik seiring jam terbang mereka," ujar Eko.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini