News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

PON 2016

Polda Jabar Siapkan 3500 Personel Amankan Penutupan PON

Editor: Husein Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bersama Kapolda Jabar Irjen Pol Bambang Waskito memeriksa pasukan pada Apel Gelar Pasukan OPS Ramadniya 2016 di Lapangan Tegalega, Kota Bandung, Kamis (30/6/2016). Gelar pasukan ini dalam rangka mengecek kesiapan personel Polri dan instansi terkait dalam Operasi Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1437 H di wilayah Jawa Barat yang juga digelar serentak di seluruh Indonesia mulai 30 Juni - 15 Juli 2017. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN

Laporan Wartawan Tribun Jabar Teuku Muh Guci S

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Polda Jabar menyiapkan 3500 personel untuk mengamankan jalannya penutupan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX 2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Kamis (29/9/2016). Rencananya penutupan PON itu pada pukul 19.00 WIB itu akan dihadiri Wakil Presiden, Jusuf Kalla.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus, mengatakan, pola pengamanan pada penutupan nanti sama ketika pembukaan PON beberapa waktu lalu. Warga masyarakat dan tamu undangan juga disiapkan lokasi parkir serta fasilitas antar dan jemput.

"Nanti kami sudah mulai melakukan pengamanan sejak pukul 08.00 WIB. Teknis pengamanannya tidak ada yang berbeda dengan pembukaan," kata Yusri kepada Tribun melalui sambungan telepon, Rabu (28/9/2016).

Beberapa lokasi untuk parkir tamu undangan, yakni zona parkir di Stadion GBLA, Kawasan Summarecon, sekolah terdekat dari Stadion GBLA, kawasan peti kemas Gedebage, tempat pengujian kendaraan bermotor Gedebage, dan pinggir Jalan Soekarno-Hatta.

"Nanti ada shuttle bus juga di setiap zona parkir yang disiapkan itu. Sebab lokasi Stadion GBLA ssteril dari kendaraan," kata Yusri.

Meski pola pengamanan tak berubah, kata Yusri, pihaknya sudah melakukan evaluasi. Berdasarkan pengalaman pada pengamanan pembukaan PON, kata dia, proses kepulangan masyarakat usai menonton pembukaan tersendat. Hal itu disebabkan para penonton tak ingat bus yang dinaikinya dari zona parkir yang telah disediakan.

"Nah nanti akan ada tanda-tanda khusus bagi tamu undangan dan penonton agar tidak lupa dan tidak salah naik bus untuk menuju zona parkir yang benar," kata Yusri.

Adapun jumlah penonton, kata Yusri, diperkirakan lebih sedikit ketimbang pembukaan PON. Sebab sebagian besar atlet sudah pulang ke daerahnya lantaran sudah selesai mengikuti pertandingan sebelum penutupan. Namun pihaknya tetap mewaspadai membludaknya penonton yang ingin datang melihat langsung penutupan PON.

"Kalau penonton itu dikasih tiket, untuk teknisnya pemerintah daerah yang mengetahui. Namun kami imbau kepada penonton, masyarakat, tamu undangan datang sebelum jam 16.00 WIB," kata Yusri. (cis)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini