News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

PRSI Lakukan Promosi dan Degradasi Atlet Renang

Penulis: Celestinus Trias Handoyo Putro
Editor: Dewi Pratiwi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Lomba Invitasi Renang Ganesha (IRG) 2017

Laporan Wartawan Harian Super Ball, Celestinus Trias HP

TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA - Persiapan yang terbaik masih dilakukan oleh Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) para sejumlah perenang yang suah masik dalam tahap seleksi awal tim Sea Games 2017.

Selain dibuat pemusatan latihan lengkap dengan pelatih asing, PB PRSI juga telah menyiapkan program uji coba.

Sekjen PB PRSI, Ali A Patiwiri, menyebutkan bahwa pihak pengurus akan mengirim para atlet beruji coba ke luar negeri untuk mematangkan persiapan menghadapi SEA Games 2017.

Pada uji coba tersebut, PB PRSI juga akan melakukan promosi dan degradasi atlet.

"Kami ingin memberikan yang terbaik di SEA Games 2017. Kami datangkan pelatih asing seperti polo air dari Serbia dan renang indah dari Rusia. Namun, program kami memang bukan itu saja. Dari sisa waktu yang ada, maka akan ada kegiatan uji coba renang dan hal ini untuk membuat evaluasi ke arah promosi dan degradasi," kata Ali.

Baca Juga: Radja Nasution Meninggal Dunia

Terkait promosi dan degradasi, Ali menyatakan bahwa seluruh atlet yang ada di bawah naungan PRSI akan dinilai dari berbagai macam sektor.

Hal ini terkait aturan jumlah tim inti yang dibutuhkan untuk laga Sea Games.

Artinya, jumlah atlet yang kini ada di program latihan akan melalui seleksi dan evaluasi sampai pada jumlah inti atlet yang dibutuhkan saat bertanding di Sea Games.

"Semua cabor (cabang olahraga) di bawah naungan PB PRSI akan melakukan uji coba ke luar negeri dan ada kejuaraan dalam negeri yang akan diikuti. Nantinya dalam perjalanannya ada promosi dan degradasi. Seperti contoh dari renang indah saat ini atletnya 16, namun yang dibutuhkan ke SEA Games hanya 10," ujar Ali.

Sesuai program yang sedangdisiapkan, uji coba luar negeri rencananya diikuti cabang olahraga renang, renang indah, dan polo air.

Cabor renang akan mengikuti even di Singapura dan Azerbaijan, renang indah akan beruji coba di Jepang, serta polo air akan uji coba di Australia dan Azerbaijan.

Menurut Ali, PB PRSI bertekad mengembalikan kejayaan cabang-cabang olahraga akuatik. Selain melakukan persiapan maksimal untuk SEA Games 2017, PB PRSI juga sudah bersiap menyambut Asian Games 2018.

"Untuk SEA Games 2017, PB PRSI fokus pada lima cabang olahraga potensi medali. Olahraga yang akan digenjot, yaitu renang, renang bebas, renang indah, loncat indah, dan polo air," kata Ali.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini