News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Serda Riko Ganda Juara Eventing Road to Asian Games

Penulis: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Serda Riko Ganda Juara Eventing Road to Asian Games

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sersan Dua Kavaleri Riko Ganda menjadi yang terbaik di nomor eventing (trilomba) pada Test Event Equestrian Road to Asian Games XVIII/2018 yang berakhir Minggu (3/12/2017) di APM Equestrian Centre, Tigaraksa, Tangerang, Banten.

Riko Ganda, yang sehari-harinya bertugas di Detasemen Kavaleri Kuda TNI-AD Parongpong, Lembang, memenangi nomor trilomba ini setelah mencatat total angka hukuman (penalti) terendah yakni 58.0.

Eventing adalah salah satu disiplin dari equestrian (berkuda ketangkasan) yang memainkan tiga nomor, yakni dressage, cross country dan jumping dengan kuda yang sama.

Riko Ganda menjuarai cross country yang dilombakan Sabtu (2/12) di area bekas pacuan kuda Pulomas, Jakarta Timur, dan jumping eventing (115 cm) yang dipertandingkan Minggu di APM Equestrian Centre.

Serda Riko Ganda mengungguli Ferry Wahyu Hadiyanto (Equinara Granadine/Equinara) dan Herdian Ramadhan (Toar Esa/Aragon) yang masing-masing mencatat total penalti 79.8 dan 80.5.

Jojo Jonathan (Gwenn DO Empo/Emporium Horse Club Surabaya), yang pada Jumat (1/12) sebelumnya menjadi yang terbaik di kompetisi dressage eventing sehingga memimpin di hari pertama, hanya menempati peringkat keenam dengan total penalti 152.2.

Sayangnya kompetisi eventing (trilomba) pada Test-Event Equestrian Road to Asian Games XVIII/2018 ini belum memenuhi kualifikasi Standar Minimum Kelayakan (MER) yang ditentukan oleh Federasi Equestrian Internasional (FEI) karena tidak didukung oleh tempat pertandingan yang memadai, terutama pada cross country.

HASIL FINAL EVENTING (TRILOMBA)
1. Serda Riko Ganda (Lelisblanch/Denkavkud Balaturangga/total penalti 58.0)
2. Ferry Wahyu Hadiyanto (Equinara Granadine/Equinara/total penalti 79.8)
3. Herdian Ramadhan (Toar Esa/Aragon Equestrian Sport/total penalti 80.5)
- Herdian Ramadhan (Blackberry/Aragon Equestrian Sport/total penalti 104.8)
- Alvaro Menayang (Esprit/D Riders/total penalti 118.0)
- Jojo Jonathan (Gwenn Do Empo/Emporium Horse Club/total penalti 152.2)
- Sertu Jamhur Hatta (Louser/Denkavkud Balaturangga)
- Andry Sutoyo (Pramudha Wardhani/Aragon Equestrian Sport).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini