News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Novak Djokovic Siap Sudahi Dominasi Roger Federer dan Rafael Nadal

Editor: Sapto Nugroho
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ekspresi petenis putra Serbia, Novak Djokovic saat melawan petenis Argentina, Juan Martin del Potro dalam laga final US Open 2018 di Arthur Ashe Stadium, Amerika Serikat, Senin (10/9/2018) dini hari WIB.

TRIBUNNEWS.COM - Novak Djokovic makin mempertegas statusnya sebagai penghenti dominasi Roger Federer dan Rafael Nadal dalam persaingan tenis dunia, terutama sektor tunggal putra.

Status itu semakin sahih dengan gelar juara US Open 2018 yang diraih Novak Djokovic usai mengalahkan Juan Martin del Potro dalam final yang berlangsung pada Minggu (9/9/2018) waktu Amerika Serikat.

Ini merupakan gelar Grand Slam ke-14 Novak Djokovic di sepanjang kariernya, atau menjadi yang kedua secara beruntun pada musim kompetisi ATP 2018.

Sebelum menjadi kampiun di US Open 2018, sekitar dua bulan sebelumnya, petenis asal Serbia ini sukses meraih gelar juara Wimbledon 2018.

Trofi di Inggris itu terasa istimewa, lantaran pada Wimbledon edisi sebelumnya (2017) Novak Djokovic harus mundur karena cedera dan memaksanya absen pada sisa musim 2017.

Baca: Hantuchova: Juara US Open, Novak Djokovic Bisa Mendominasi Gelar atas Roger Federer dan Rafael Nadal

Petenis putra Serbia, Novak Djokovic mencium trofi US Open 2018 setelah menang atas petenis Argentina, Juan Martin del Potro dalam laga final di Arthur Ashe Stadium, Amerika Serikat, Senin (10/9/2018) dini hari WIB. (Twitter @usopen)

Selain itu, gelar Wimbledon 2018 juga membuat Novak Djokovic menghentikan Roger Federer dan Rafael Nadal yang seakan mendapat angin kedua untuk mendominasi tenis dunia.

Sebelumnya, Roger Federer dan Rafael Nadal secara bergantian mampu menjadi juara dalam enam turnamen tenis grand slam secara beruntun, dimulai dari Australian Open 2017 hingga Roland Garros 2018.

Namun, rantai itu terputus berkat gelar juara Wimbledon 2018 yang diraih oleh Novak Djokovic.

Baca: Juara US Open 2018, Novak Djokovic Puji Sportivitas Pendukung Juan Martin del Potro

Bukan kali ini saja Novak Djokovic berhasil menghentikan dominasi Roger Federer dan Rafael Nadal, atau yang kerap disingkat dengan FeDal.

Pasalnya, dominasi FeDal pernah dihentikan oleh petenis yang akrab disapa Nole tersebut pada medio 2011.

Pada saat itu, Nole berhasil mencuat di antara persaingan Roger Federer dan Rafael Nadal yang secara bergantian mampu menjadi tunggal putra nomor satu dunia.

Sebagai informasi, persaingan FeDal dalam perebutan ranking 1 ATP berlangsung selama tujuh tahun beruntun, sejak Februari 2004 hingga Juli 2011.

Enam tahun berselang, skenario yang sama mungkin saja kembali terulang dan melibatkan ketiga petenis tersebut.

Baca: Kalahkan Serena Williams pada Final US Open 2018, Ini 7 Fakta Menarik Petenis Jepang Naomi Osaka

Sejak Agustus 2017 hingga saat ini, Roger Federer dan Rafael Nadal secara bergantian menjadi pemuncak klasemen ranking ATP.

Novak Djokovic yang menjalani comeback pada awal 2018 pascacedera pun sudah berada di peringkat ketiga dunia dan siap menyudahi dominasi FeDal sekali lagi. (*)

Berita ini sudah tayang di BolaSport.com dengan judul: Novak Djokovic, Sang Penghenti Dominasi Roger Federer dan Rafael Nadal di Dunia Tenis

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini