News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

16 Karateka Pelatnas SEA Games 2019 Lolos ke PON Papua 2020, Rifki Ardiansyah Tak Lolos

Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ceyco Georgia karateka pelatnas asal DKI Jakarta yang meraih Emas di Kejurnas Pra-PON 2019

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA –16 karateka Pelatnas SEA Games 2019 berhasil lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON)  Papua 2020. 

Sementara itu satu karateka Pelatnas SEA Games 2019, Rifki Ardiansyah Arrosyid asal Jawa Timur gagal lolos.

Ke-16 karatela tersebut berhasil merebut tiket PON setelah menjalani seleksi ketat pada Kejunas yang juga sekaligus ajang Kualifikasi PON 2020 di Hall Basket Senayan Jakarta, yang berakhir, Rabu (6/11).

Rifki Ardiansyah Arrosyiid peraih medali emas Asian Games 2018 Jakarta tersebut gagal merebut tiket PON 2020 Papua setelah dikalahkan Kadek Krisna Dwi Antara asal Bali pada babak utama. Begitu pula pada kesempatan kedua dia kalah hantai dari karateka Sulawesi Tenggara Nyondris Puamalo.

Di luar Rifki, seluruhnya menunjukkan performa terbaik. Ahmad Zigi Zaresta Yuda asal Nusa Tenggara mampu menjadi yang terbaik di nomor kata perorangan putra.

Begitu juga Sandy Firmansyah asal Jawa Barat (kumite -75 kg putra), Cokorda Istri Agung Sanistyarani dari Bali (kumite -55 kg putri), Ceyco Georgia asal DKI Jakarta (kumite -68 kg putri), Daniel Hutapea asal Sumatera Utara (kumite +84 kg putra), dan Tebing Hutapea asal DKI Jakarta di kumite -67 kg putra, mampu menjadi nomor satu. Sementara sebagian lainnya, meski tidak menjadi peringkat pertama, tapi masuk dalam delapan besar di kelasnya, sehingga mereka tetap lolos ke PON 2020 Papua.

“Pada Kejurnas Pra-PON 2019 ini, target kami bukan mengharuskan mereka berada peringkat satu. Tapi, memang hampir seluruhnya atlet pelatnas ada di peringkat satu. Yang penting mereka mampu menjaga ritme di pelatnas, sehingga tetap siap di SEA Games yang tinggal tersisa 25 hari lagi," ungkap Sekjen PB Forki, Raja Sapta Ervian usai penutupan  Kejurnas/Kualifikasi PON.

Menurut Eyi, panggilan akrab Raja Sapta Ervian, saat ini kondisi pelatnas masuk pada bulan prakompetisi. Karena itu, dia berharap kondisi atlet yang berada di aura bertanding itu bisa dipertahankan.

“Kalaupun pada sisa 25 hari ini mereka butuh treatmen khusus atau sedikit recovery, tetapi secara keseluruhan tidak ada yang major. Tapi yang namanya bertanding, benturan-benturan itu biasa, karena mereka dilatih untuk itu," tutur bos OSO Group tersebut.

Secara keseluruhan tuan rumah DKI Jakarta mampu mengoleksi 4 medali emas, 2 perak, dan 2 perunggu pada Kejurnas Pra-PON 2019 tersebut. Sementara Jawa Barat berada di posisi kedua dengan 3 emas, 1 perak, dan 5 perunggu. Diikuti Sulawesi Selatan dengan 2 emas, 2 perak, dan 2 perunggu.

”Alhamdulillah dari 19 karateka asal DKI yang ikut pada Pra-PON ini, yang lolos (ke Papua) 14 orang. Dan kami juga bangga bisa menyelenggarakan event dengan maksimal," jelas Ketua Umum Forki Provinsi DKI Jakarta, Meitra Mivida yang juga Ketua Pelaksana Kejuaraan Pra-PON 2019. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini