News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

IFel Liga 1 Segera Bergulir, Dua Pemain Asing Dipastikan Unjuk Gigi di Indonesia, Pernah Juara Dunia

Penulis: Alfarizy Ajie Fadhillah
Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

CEO of Indonesian Football e-league, Wiramahesa Putra Sutopo, saat ditemui di daerah Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2022) (Tribunnews.com/Alfarizy AF)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alfarizy AF

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia Football E-League atau yang akrab disapa IFel akan segera bergulir awal September mendatang.

Sama seperti tahun sebelumnya, 12 tim yang berasal dari klub-klub sepak bola di Liga 1 dipastikan akan adu taktik untuk merebutkan hadiah yang mencapai Rp 300 juta.

IFel sendiri sudah bergulir selama tiga musim di Indonesia, namun di tahun ini, kompetisi tersebut dipastikan akan lebih menantang karena kedatangan dua pemain asing yang penuh pengalaman.

Mereka adalah, Guilherme 'Guifera' Fonsesca Agostini (Brasil) dan Yos 'Indominator' Sonneveld berdarah Belanda - Indonesia.

Guifera dipastikan membela Rans Nusantara di musim ini, setelah sebelumnya berseragam klub e-sport Perancis, AS Monaco.

Sementara itu, Indominator akan membela PSIS Semarang si musim ini. Sebelumnya, ia bermain untuk klub e-sport Inggris, Arsenal.

Sejatinya, pemain asing sudah dapat bermain sejak musim lalu, namun karena kebijakan Pandemi Covid-19, pemain asing tertunda untuk hadir di Indonesia.

"Sebenarnya, di dua tahun pertama IFeL, kami mencoba untuk membangun ekosistem seperti itu di Indonesia," ujar Wiramahesa Putra Sutopo, CEO of Indonesian Football e-league.

Dengan kehadiran pemain asing tersebut, Putra berharap akan terbentuk suatu ekosistem yang baik supaya pemain Indonesia banyak yang hijrah ke klub-klub top Eropa.

Menurut Putra, kualitas yang ditunjukkan oleh pemain Indonesia pun dapat menyeimbangkan kualitas bermain pemain luar negeri.

"Fakta menariknya adalah pemain-pemain Indonesia selalu berpartisipasi di level tertinggi esports sepak bola. Namun, pemain-pemain ini tidak pernah dapat kontrak dari klub-klub besar seperti FC Barcelona, AS Monaco, dan lain-lain," kata Putra.

"Padahal, dari segi kemampuan, saya yakin mereka bisa bersaing dengan pemain-pemain top dunia. Untuk itu, kami mencoba mendatangkan pemain-pemain asing agar bisa membantu hal tersebut. Kebetulan, kami langsung mendatangkan pemain juara dunia yaitu Guifere yang pernah tampil untuk FC Barcelona dan AS Monaco," lanjutnya.

Putra pun membeberkan proses kedatangan dua pemain asing tersebut, mulanya, ia menawarkan dua pemain untuk dapat membela klub yang berlaga di IFel Liga 1.

"Kita coba kontak pemain-pemain yang tersedia, lalu kita berikan nama-nama tersebut kepada klub. Hasilnya, RANS Nusantara dan PSIS Semarang mau (rekrut)," ungkap Putra.

Sekadar informasi, kompetisi Nusapay IFel Liga 1 akan berjalan selama 12 Minggu (11 Matchweek & 1 Grand Final) dimulai Sabtu,  (3/9/2022) dan akan disiarkan secara langsung di Vidio.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini