News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

LPDUK Kemenpora Akhirnya Punya Direktur Definitif, Ferry Kono: Visi Menpora Jadi Tantangan Besar

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo, secara resmi melantik Ferry Yuniarto Kono sebagai Direktur Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) pada hari Jumat, (16/8/2024).

LPDUK Kemenpora Akhirnya Punya Direktur Definitif, Ferry Kono: Visi Menpora Jadi Tantangan Besar

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo melantik Ferry Yuniarto Kono sebagai Direktur Lembaga Pengelolaan Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) kementerian tersebut, Jumat (16/8/2024).

Penetapan Ferry sebagai Direktur LPDUK dilakukan melalui Surat Keputusan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Nomor 105 Tahun 2024 Tentang Pengangkatan Dalam Jabatan Direktur Lembaga Pengelolaan Dana dan Usaha Keolahragaan.

Pelantikan ini menandai dimulainya manajemen definitif LPDUK setelah sekian lama hanya dipimpin pelaksana tugas.

Terkait definitifnya manajemen LPDUK, Menpora Dito menyampaikan harapannya agar lembaga tersebut dapat diperluas fungsinya, bukan saja untuk mendukung keolahragaan, tetapi juga mendukung kegiatan kepemudaan di Indonesia.

"Saya ingin LPDUK tidak hanya berperan dalam mendukung keolahragaan, tetapi juga perlu mendukung berbagai kegiatan kepemudaan di Indonesia. Jadi saya minta yang ada di ruangan ini kita segera tuntaskan sebelum bulan Oktober agar ke depannya LPDUK ini benar-benar bisa menjadi garda depan Kemenpora untuk melakukan program-program yang inovatif dan saya percaya di tangan Pak Ferry Kono, LPDUK bisa lebih baik lagi," ujar Menpora saat memberikan sambutan dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Direktur LPDUK di Ruang Rapat Lantai 10, Gedung Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat.

Menpora Dito juga mengungkapkan bahwa sejak awal menjabat, ia melihat LPDUK sebagai potensi besar yang belum sepenuhnya dikembangkan.

"LPDUK ini ibarat berlian yang belum diasah. Saya yakin dengan mengembalikan fungsi utama LPDUK, memberikan kewenangan yang lebih besar, serta memperkuat jaringan, LPDUK akan menjadi proyek percontohan Badan Layanan Umum (BLU) yang inovatif," katanya.

Ia juga menambahkan komitmennya untuk mendukung perubahan ini secara maksimal dalam waktu dekat.

"LPDUK harus menjadi lembaga yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan olahraga nasional, serta mampu menciptakan peluang baru yang dapat mendorong prestasi atlet dan kemajuan olahraga Indonesia di kancah internasional," jelasnya.

"Saya siap all out untuk melakukan perubahan ini, dan mungkin ada adaptasi internal yang perlu dilakukan. Mari kita hidupkan kembali dan buat perubahan di Kemenpora," kata Menpora.

Pelantikan tersebut disaksikan oleh Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro dan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Surono. 

Tantangan Besar

Selepas pelantikan, Ferry Yuniarto Kono menyatakan terima kasih atas kepercayaan kepada Menpora atas amanah yang diberikan kepadanya.

Dia menyatakan, tugas yang dia emban, khususnya terkait industri olahraga akan menjadi tantangan besar. 

"Ini sebuah tantangan besar. Karena visi dari Menpora, khususnya terkait dengan industri olahraga, menjadi sebuah tantangan bagi LPDUK. Itu akan menjadi tugas kami selanjutnya sehingga visi itu dapat terwujud secara baik," kata Ferry.

Selaku pimpinan LPUDK Kemenpora, dia menyatakan akan meneruskan program-program lembaga yang selama ini telah berjalan baik dan memperbaiki program yang masih dianggap kurang.

"Kami akan melihat semua sisi. Semua program bagus yang selama ini sudah ada pasti diteruskan, dan kalaupun ada program-program yang masih belum baik tentu akan kami dilengkapi agar menjadi program yang baik. Seperti arahan Menpora tadi, dari sisi kelembagaan, tugas utama (kami) adalah agar LPDUK segera dibuatkan penguatan-penguatan. Sehingga, harapan agar LPDUK bisa berkontribusi di dunia keolahragaan dan kepemudaan bisa terwujud," katanya.

(oln/*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini