News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kado HUT RI, Atlet Renang Muda Indonesia Raup 7 Medali di Ajang AOSI 2024 di Bangkok

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sejumlah perenang muda berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang Asian Open School Invitationals (AOSI) Age Group Swimming Championship 2024 yang berlangsung di Bangkok, pada 17-18 Agustus 2024 lalu.  Perenang muda yang menorehkan prestasi berasal dari Rajawali Swimming Club (RSC) di bawah naungan Persatuan Olahraga BIN (PORBIN), yang dibina oleh Kepala BIN, Jenderal Polisi (P) Prof Dr Budi Gunawan, SH MSi PhD., berhasil mengumpulkan total tujuh medali dalam kompetisi ini.

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah perenang muda berhasil mengharumkan nama Indonesia di ajang Asian Open School Invitationals (AOSI) Age Group Swimming Championship 2024 yang berlangsung di Bangkok, pada 17-18 Agustus 2024 lalu. 

Kejuaraan AOSI 2024 diikuti oleh perenang muda dari berbagai negara Asia, termasuk Hongkong, India, Jepang, Kazakhstan, Laos, Malaysia, Maladewa, Mongolia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Perenang muda yang menorehkan prestasi berasal dari Rajawali Swimming Club (RSC) di bawah naungan Persatuan Olahraga BIN (PORBIN), yang dibina oleh Kepala BIN, Jenderal Polisi (P) Prof Dr Budi Gunawan berhasil mengumpulkan total tujuh medali dalam kompetisi ini. 

Baca juga: Paris 2024: Perenang Pengungsi Melihat Perlunya Integrasi yang Lebih Baik

Salah satu atlet unggulan RSC, Satria Wibowo  menunjukkan performa luar biasa dengan berhasil meraih tiga medali perak di nomor 200 meter gaya ganti (IM), 200 meter gaya dada, dan 100 meter gaya punggung. 

Ketangguhan Satria di berbagai nomor ini membuktikan bahwa dirinya merupakan salah satu talenta terbaik di Asia.

Selain Satria, Febri Pramudya Iriawan  tampil impresif dengan membawa pulang tiga medali perunggu. 

Febri meraih medali di nomor 50 meter gaya bebas, 50 meter gaya kupu-kupu, dan 100 meter gaya kupu-kupu, menunjukkan kemampuannya untuk bersaing dengan atlet-atlet top dari berbagai negara.

Sedangkan Nurmala Sari Rangkuti, satu-satunya atlet putri dalam tim RSC, turut memberikan kontribusi dengan meraih medali perunggu di nomor 50 meter gaya bebas. 

Keberhasilannya melengkapi deretan medali yang diraih oleh RSC, menandakan bahwa tim ini memiliki kekuatan yang merata di berbagai nomor.

Ketua Cabor Renang PORBIN, Mayjen TNI Teddy Surachmat mengatakan, Satria, Febri, dan Nurmala telah menunjukkan semangat juang yang tinggi dan mental juara yang luar biasa. 

"Prestasi ini adalah hasil dari kerja keras, disiplin, dan dedikasi mereka. Kami bangga dan yakin bahwa masa depan mereka akan semakin cerah," ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (18/8/2024).

Keberhasilan ini, yang bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, memberikan makna khusus bagi tim RSC. 

Baca juga: Kontingen DKI Jakarta Andalkan 3 Cabor Ini Jadi Lumbung Medali Emas di PON, Ini 3 Cabor Andalan DKI

Para atlet membawa semangat kemerdekaan ke dalam setiap pertandingan, menjadikan kemenangan ini sebagai kado istimewa untuk seluruh rakyat Indonesia.

Dengan total tujuh medali yang diraih di AOSI 2024, RSC mengukuhkan posisinya sebagai salah satu klub renang terkemuka di Indonesia dan Asia. 

"Keberhasilan ini tidak hanya menjadi kebanggaan bagi klub dan para atlet, tetapi juga bagi seluruh bangsa Indonesia," kata Teddy. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini